BREAKING

Riau Darurat Asap


Riau darurat asap (image: detik news)
Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di ibu kota Riau, Pekanbaru, menyentuh angka 984. Angka itu bahkan di atas level tertinggi ISPU, yaitu berbahaya, dengan kisaran 300-500. Ini menjadikan Riau berstatus darurat asap.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, saat ini pemerintah telah mengerahkan 20 pesawat water bombing (pengeboman air) dan cloud seeding (pembentukan awan hujan) untuk memadamkan titik-titik api akibat kebakaran hutan di Sumatera. Sebanyak 18 juta liter air telah ditumpahkan di Riau dan 12 juta liter air disiramkan ke Sumatera Selatan. Sementara itu, untuk membuat hujan buatan, 120 tom garam telah ditaburkan di Riau, dan 56 ton garam di Sumatera Selatan dan Jambi.

Selain upaya pemadaman api dari udara, pemerintah juga mengerahkan 1.050 prajurit TNI untuk membantu pemadaman di darat.Terkait dengan pengawasan terhadap perusahaan yang diduga terlibat dalam pembakaran hutan, Siti menjamin kementeriannya akan menindaklanjuti dengan pembekuan izin, serta membawanya untuk diproses di ranah hukum.

Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari kasus ini, dan benar-benar menjadi darurat asap terakhir di Indonesia. (sumber: CNN Indonesia) 

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT