BREAKING

Belajar Mengelola Emosi Negatif


Senggol dikit, langsung kena damprat. Pernah ketemu teman yang berlaku seperti itu? Atau justru kamu sendiri yang melakukan itu? Emosi manusia ada yang sifatnya positif dan negatif. Emosi negatif bukan hanya marah saja, banyak jenis emosi lainnya yang jika dibiarkan berlarut-larut akan berdampak buruk bagi kita, baik untuk kesehatan maupun hubungan sosial. Yuk belajar meneglola emosi dengan tips-tips sederhana berikut!

1. Kenali Emosi

Ini adalah langkah awal untuk mengenali rekasi kamu terhadap apa yang terjadi di sekitar. Kamu bisa memulainya dengan mencatat apa yang kamu rasakan terhadap suatu kejadian atau peristiwa. Misalnya, kamu bisa saja kaget dan gugup saat dipanggil guru menghadap ke ruangannya. Atau, kamu bisa sangat kesal saat temanmu tidak mengembalikan barang kepunyaanmu, dan seterusnya. Kamu bisa membuat catatan seperti ini untuk jangka waktu tertentu.

2. Introspeksi Diri

emosi marah (image via: stresslovetoknow.com)

Saat emosi kita sedang negatif kita seringkali nggak sadar bahwa banyak hal-hal negatif yang ikut muncul.
Coba kamu runut kembali hal-hal apa saja yang muncul dari emosi negatif kamu. Apakah lebih banyak negatifnya? Misalnya setelah marah kamu justru jadi malas bergaul, banyak makan untuk mengalihkan stress, tidak fokus bekerja, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui rentetan akibat dari emosi negatif tersebut kamu bisa menyadari bahwa yang kamu lakukan justru menjauhkan kamu dari hal-hal yang produktif.

3. Temukan Solusinya

Nggak ada yang salah dengan emosi negatif karena itu adalah hal yang wajar. Namun sangat penting untuk mengatur emosi tersebut agar nggak sampai memengaruhi aktifitas lainnya. Saat dirasa emosi negatif kamu mulai muncul cobalah untuk mencari penawarnya. Misalnya, dengan langsung menjauh dari sumber emosi. Hal lain yang bisa kamu lakukan misalnya dengan mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan, melihat pemandangan yang menyegarkan, atau menuliskan apa yang kamu rasakan. Intinya hanya kamu yang tahu pasti cara terbaik untuk mengatasi masalah emosi kamu.


About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT