BREAKING

Mataram, Merasakan Nuansa Lain dari Lombok ~ Part 1 (Wisata Sejarah)


Lombok yang ada dalam benak kita adalah sederet pantai dengan sapuan pasir putih, jejeran gili dengan pemandangan bawah air yang begitu memukau atau memancing di atas gunung dengan landskape danau biru, refleksi sempurna langit di atasnya. Tapi kali inikita akan menikmati nuansa yang berbeda dari lombok. Nuansa kota dengan sederet sejarah yang ada di dalamnya. Pintu masuk sebelum Lombok “benar-benar’ ada, yaitu Mataram.

Menikmati mataram layaknya menikmati Amsterdam sebelum menjelajah Belanda atau menikmati Istambul sebelum berkeliling Turki. Mataram sebagai pusat pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di ujung barat Pulau Lombok, memiliki sekian rahasia yang ada di dalamnya. Apa saja rahasianya? Artikel ini akan menyajikan satu pilihan paket mini edu-tour di Mataram.

Untuk mengawalinya, perlu diketahui sejarah berdirinya Kota Mataram. Kota Mataram dulunya merupakan salah satu kerajaan yang ada di Lombok. Mataram telah melewati serangkaian perkembangan semenjak zaman kerajaan tersebut; sempat menjadi daerah jajahan selama beberapa waktu, lalu dikembangkan menjad ikecamatan, dan akirnya ditetapkan sebagai kota administratif dan ibukota propinsi NTB hingga saat ini. Mataram saat ini adalah Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang diresmikan semenjak 31 Agustus 1993. Masih tergolong baru jika dibandingkan dengan ibukota-ibukota provinsi lain di Indonesia.

Selanjutnya kita nikmati paket perjalanannya. Mini Edu-Tour merupakan suatu inovasi dari konsep wisata yang memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk mendapatkan pengalaman mengenai keadaan suatu destinasi untuk dipelajari dan dipahami, secara padat dan jelas dalam waktu yang relatif singkat. Salah satu bagian utama yang menjadi pusat perhatian suatu destinasi wisata adalah sejarahnya. Suatu daerah wisata, khususnya yang memiliki unsur edukasi tentunya tidak lepas dari sejarahnya. Di Mataram kita dapat menemukan beberapa pilihan wisata sejarah, diantaranya yaitu Taman Air Mayura, Kota Tua Ampenan, Makam Loang Baloq, Makan Sunan Sudar, Makam Jenderal Van Ham, Kubur Dende (Makam Dende Seleh), dan Museum Provinsi NTB.

Taman Air Mayura merupakan destinasi yang memadukan konsep taman air dengan Pura, ditata dengan sangat apik sehingga sangat tepat menjadi tempat wisata keluarga. Kota Tua Ampenan merupakan salah satu pusat wisata sejarah yang paling popular. Wisatawan dapat menyaksikan keunikan satu sudut kota Mataram tempo dulu. Dipenuhi dengan bangunan tipe kolonial, destinasi ini sangat kental dengan nuansa sejarah.
Taman air mayura di Cakranegara


Ada pula destinasi yang cukup unik, yaitu wisata taman makam; Makam Loang Baloq, Makam Sunan Sudar, Makam Jenderal Van Ham, dan Kubur Dende. Berbagai taman makam tersebut sangat tepat untuk dikunjungi para wisatawan yang ingin mengenal lebih dalam tokoh-tokoh pentig dalam sejarah Kota Mataram pada zaman dahulu. Satu lagi yang tak boleh dilewatkan jika ingin berwisata sejarah, yaitu Museum Provinsi NTB. Dengan penggalakan program “Museum di hatiku”, Museum Provinsi NTB terus berbenah dan meningkatkan fasilitas bagi para wisatawan sehingga wisatawan dapat leluasa menikmati berbagai tampilan yang dipamerkan di Museum tersebut (cont'd)

Makam Loang Baloq
 
Kuburan di Makam Loang Baloq

TIM PENULIS:
I Gusti Made Aryama Jelantik
Erni Hastuti
Ni Putu Reny Diantari
Syafira Khanissa
Rabiatul Mislaini
(Mahasiswa Semester 6 Program Studi Biologi FMIPA UNRAM)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT