BREAKING

Resolusi Efektif 2015


Apa saja target-target yang ingin kamu capai di tahun ini? Seyogyanya setiap orang pasti ingin menjadi lebih baik dari tahun ke tahun. Kalau kamu masih bingung menuliskan target yang ingin kamu capai, yuk ikuti tips berikut!

gambar: vibe103.com


Be Realistic!
Sebelum menuliskan resolusi, cobalah berfikir tentang target-target yang bisa kamu capai. Menuliskan hal-hal besar memang baik, namun akan lebih baik jika kamu menuliskan capaian yang realistis. Misalnya, kalau resolusi kamu adalah menurunkan berat badan, maka akan lebih baik kalau kamu mengukur kira-kira berapa pounds/kg yang sanggup kamu kurangi per bulannya. Baru kemudian mentotal berat ideal yang kamu inginkan. Turun berat badan 25 kg akan tampak kurang realistis jika dibandingkan dengan turun berat badan 0,5 pounds per bulan. Jika hasil yang kamu peroleh melebihi target, maka pencapaian kamu benar-benar berhasil.

Be Clear!
Target yang jelas akan membantu kamu memetakan langkah yang tepat. Misalnya, kalau target kamu adalah meningkatkan IP, maka kamu harus mendetail lagi angka yang kamu inginkan. Misalnya saja, dari IP semester sebelumnya yang hanya 2,75, kamu ingin semester depan IP kamu meningkat jadi 3,25.

Set a Plan!
Resolusi saja tanpa rencana = sia-sia. Maka dari itu setiap poin resolusi yang kamu tuliskan harus punta langkah-langkah pengerjaan. Dengan demikian kamu akan lebih mudah mencapai target tersebut.

Evaluate!
Setelah menentukan goal dan menyusun rencana, maka kamu juga perlu menyusun rencana evaluasi rutin. Misalnya kamu akan mengevaluasi hasil setiap bulannya. Jika ada rencana yang harus dirubah, maka dengan rutin melakukan evaluasi, kamu akan tahu langkah tepat apa yang harus diambil.

Have a Reminder!
Meski resolusi adalah tekad dan rencana pribadi, tapi nggak ada salahnya kalau kamu memberi tahu orang kepercayaan kamu akan target yang ingin kamu capai dan meminta mereka menjadi reminder. In case kamu mulai lupa dan tidak bersemangat lagi, maka si reminder bisa mengingatkan kamu untuk fokus kembali dengan goal yang hendak kamu capai.

Well, selamat mencoba!

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT