BREAKING

NgeReggae Bareng Semeton Amtenar


Bicara tentang musik reggae di Lombok, pasti ingat Amtenar! Lagu dan musiknya yang ringan namun berkesan memberikan arti tersendiri bagi para penikmat musik reggae. Sebagai group band reggae yang terbilang populer, Amtenar mengaku nggak punya fans, tapi punya Semeton Amtenar. Siapa sih Semeton Amtenar?

foto: fb group Semeton Amtenar Indonesia
Fans Vs Semeton
Bagi Amtenar, istilah fans nggak sesuai dengan apa yang mereka pikirkan tentang “penggemar.” Jadilah mereka nggak pernah mengaku punya fans. Istilah Semeton Amtenar sendiri lahir begitu saja, entah siapa yang mencetuskan pertama kali. Hebatnya, begitu disebut, nama Semeton Amtenar langsung melekat dan digunakan secara luas oleh para penggemar group band ini. Semeton yang dalam bahasa sasak berarti saudara, terkesan lebih hangat, ramah, dan membumi. Nggak ada sekat antara Amtenar dan para Semeton.
Semeton Amtenar, Dimana-Mana Ada!

Tadinya nggak ada niatan khusus dari para punggawa Amtenar untuk mengumpulkan para semeton dalam satu komunitas. Meski demikian, mereka yang mengaku semeton, menunjukkan inisiatif masing-masing dengan membuat acara ngumpul bareng, sampai membuat baju dan aksesoris Semeton Amtenar. Mengingat solidnya ikatan antar semeton, akhirnya dibentuklah pengurus-pengurus kecil yang tersebar di berbagai daerah, bahkan sampai ke luar kota, untuk mendata para Semeton Amtenar di daerah masing-masing. Tidak ada sistem kelembagaan resmi, semuanya didasarkan pada basis persemetonan.

Sampai saat ini ada sekitar 22 perkumpulan semeton yang terdaftar, diantaranya adalah Semeton Lingsar, Masbagek, Karang Genteng, Monjok, Lendang Re, Medain, Gegutu Barat, dan Ranjok. Selain itu terdapat 3 perkumpulan semeton yang berada di kuar daerah, yakni Semeton Cibinong, Semeton Bogor, dan Semeton Jaktim. Nyawung, terpilih secara aklamasi sebagai ‘ketua’ Semeton Amtenar. “Ketua bukan berarti ketua yang kerjaannya ribet ngurus anggota, fungsinya lebih ke ngasi info jadwal manggung Amtenar, atau mengkoordinir acara kumpul-kumpul,” kata Nyawung. Dari masing-masing perkumpulan, lahir istilah Demung, yang mengetuai masing-masing kelompok.

Semeton Amtenar, Ngapain Aja?
Selain rutin kumpul-kumpul setiap minggunya untuk sekedar yasinan, zikiran, atau tukar pikiran, Semeton Amtenar juga rajin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial. Bersama-sama dengan Komunitas Reggae Rembaq, Semeton Amtenar juga ikut dalam berbagai kegiatan lingkungan, seperti bersih-bersih pantai atau penanaman pohon. Personil Amtenar pun selalu dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan. “Paling nggak kita tahu bahwa Semeton Amtenar nggak cuma have fun aja, tapi banyak kegiatan positifnya. Kalau timingnya pas, kita-kita dari Amtenar pasti menyempatkan untuk hadir,” jelas Igor Amtenar.

Amtenar berhasil meretas jarak antara artis dan penggemar. Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah, itulah konsep yang diterapkan para personil Amtenar untuk tetap menjaga hubungan sengan semeton. “kalau ada sms dibales, telpon diangkat, kalau ada undangan ya dihadiri, komentar di Facebook atau mention di Twitter pun penting. Intinya Amtenar dan semetonnya benar-benar saheb.

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT