BREAKING

Tips Bikin Film Pendek Dengan Budget Kecil


sumber: todaymovieguide.com
“Bikin Film”biasanya diidentikkan dengan sesutau yang ribet dan mahal. Tapi, untuk kita yang pemula dan sedang belajar, kita bisa kok bikin film low budget. Sekarang ini sudah banyak film pendek yang dibikin oleh para sineas muda yang budgetnya nggak bikin kantong bolong, apalagi dikerjain bareng teman-teman kamu yang punya minat sama. Yuk, intipin tipsnya!

1. Siapkan tim
Sesederhana apapun film yang akan kamu buat, kamu tetap butuh tim yang solid. Identifikasi posisi apa saja yang kamu butuhkan, karena bila terlalu banyak maka hasilnya tidak akan efektif. Pada dasarnya, yang dibutuhkan adalah: produses, sutradara, camera person, scriptwriter, dan editor. Satu orang bisa rangkap posisi asal sesuai dengan kemampuannya.

2. Cari ide yang unik
Ide ibarat soul sebuah film. Tonton dan cari referensi yang banyak. Temukan ide sederhana yang belum dipakai orang. Selain banyak-banyak menonton film, coba kembangkan empati dan analisa kamu, siapa tahu di sekitar kita justru banyak hal menarik yang jarang diperhatikan orang. Nah, ide itu bisa kamu angkat menjadi sebuah film.

3. Riset dan rencanakan!
Setelah menemukan ide, maka tim kamu perlu riset untuk memastikan apa-apa saja hal yang penting untuk dipersiapkan. Termasuk merencanakan step by step produksi, scheduling, inventaris properti, lokasi, dan lainnya. Semua harus dibikin dengan detail untuk memudahkan pembuatan.

4. It is time to act!
Nah, jika semua sudah direncanakan dengan matang, maka ini saatnya untuk mulai beraksi. Mengingat budget yang terbatas, maka personel harus siap multitasking alias kerja rangkap. Bisa aja selain jadi scriptwriter kamu juga langsung menjadi pemainnya. Well, it’s worth the price!

Selamat mencoba!

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT