BREAKING

Pantai Semeti: Jalan-Jalan Ke Planet Krypton, Yuk!


No surprise kalau Lombok mendapat julukan baru “Pulau Seribu Pantai.” Selain objek pantai yang sering terexpose media, seperti Senggigi atau Kuta Mandalika, ada banyak pantai lainnya yang masih berstatus virgin. Jarak yang relatif jauh dan kondisi jalan yang cukup menantang menjadikan pantai-pantai ini tak banyak dikunjungi orang. Hidden paradise, begitu ibaratnya. Gang Lombok Backpacker langsung merekomendasikan Pantai Semeti, waktu Beemagz tanya tentang pantai virgin yang wajib dikunjungi. Alright, let’s pack the backpack!

Bebatuan di pantai Semeti yang kece!

How to Get There?
Pantai Semeti terletak di Desa Mekar sari, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur. Start dari Kota Mataram, dengan jarak sekitar 50 km, pantai ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5-2 jam.
Biar jelas, begini nih rutenya:
Dari kota Mataram arahkan kendaraan ke jalur bypass Bandara International Lombok (BIL) sampai Desa Penujak Praya Barat. Teruskan perjalanan menuju ke arah pantai Selong Belanak. Ups, nyasar ke Selong Belanak dulu boleh kok! Sebaliknya, pilih jalur kiri menuju Desa Awang, sampai ke Mekar Sari. Nantinya, kamu akan menemukan yang menjadi key point menuju Semeti. Dari café Mawi, ambil jalan ke kanan, sampai menemukan portal masuk yang dijaga masyarakat setempat. Dari sini, kendaraan akan melewati jalan yang agak berparis dan berlubang, sejauh sekitar 5 km. Perjalanan akan terhenti sampai menemukan pertigaan jalan tanah, ke kanan adalah arah menuju pantai Mawi, dan ke kiri menuju Semeti. Sampai deh di tujuan!

Mataram-BIL-Desa Penujak menuju Selong Belanak-turn right! Sampai kantor desa Mekar Sari- café Mawi-turn right and go ahead-SEMETI!

Biru laut pantai Semeti

Planet Krypton di Semeti
Disini uniknya pantai Semeti. Anak-anak Backpacker Lombok mengibaratkan kalau berada di Semeti, kita seakan berada di planet lain. Gunungan bebatuan kokoh yang tersebar di sekitaran pantai membentuk formasi yang bermacam-macam, mulai dari piramid sampai batuan kotak. Beberapa orang menamai pantai ini sebagai pantai Krypton, alasannya karena susunan bebatuan mirip dengan bebatuan kotak krystal seperti planet krypton rumah kelahiran Clark kent si Superman. Kalau penasaran, kamu bisa buktikan sendiri!
Suasana semeti juga masih sangat alami dan tenang, bukan nggak mungkin kamu menemukan pantai ini sepi tanpa penghuni sehingga terasa seperti pantai pribadi. Airnya yang cukup tenang menjadikan pantai ini sangat cocok untuk berendam dan berenang. Letak bebatuan yang cukup berdekatan menjadikan celah antara bebatuan terisi air laut yang menjadikannya terlihat seperti aquarium mini. Karang, ikan warna-warni, dan berbagai biota laut lainnya mengisi aquarium alam ini. How beautiful!

TIPS!
• Cek Ricek kondisi kendaraan. Pastikan semuanya dalam keadaan oke untuk diajak bertualang.
• Takut nyasar? Banyak-banyaklah bertanya pada masyarakat sekitar karena jalur yang dilalui memang kurang populer.
Bring enough foods and drinks!
• Siapkan uang pas untuk parkir, Rp.5000 untuk motor dan Rp.10.000 untuk mobil.
Not reccomended untuk mengunjungi Semeti saat musim hujan. Kalaupun nekat, extra hati-hati dan be well prepared melewati jalan yang becek dan berlubang.

Kontributor/foto: Duta-Admin Lombok Backpacker

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT