BREAKING

Asal Mula Emoticon


Scott Fahlman penemu emoticon
Tanpa emoticon, SMSan atau BBMan nggak bakal seseru sekarang. Nggak perlu panjang lebar menyampaikan ekspresi, simbol-simbol emoticon pun udah cukup mewakili. Emoticon juga ampuh mengurangi kekakuan dalam komunikasi tekstual.

Usut punya usut, emoticon dipopulerkan oleh Scott Fahlman, seorang peneliti IBM. Meskipun jauh sebelumnya, beberapa orang digadang-gadang mengawali cikal bakal lahirnya emoticon. Puck, misalnya, majalah humor mingguan asal AS pernah menggambarkan sejumlah ekspresi muka yang terbentuk dari kesalahan ketikan pada edisi 30 Maret 1881, dan dianggap sebagai pemuat emoticon pertama. Ikon smiley yang sangat terkenal pun digadang sebagai pioneer emoticon. Harvey Ball menciptakan ikon senyum tersebut pada lingkaran berwarna kuning di tahun 1963 tanpa maksud apapun.

Populernya emoticon diawali ketika Fahlman menempel sebuah post di papan pesan di kantornya pada 19 September 1982. Emoticon pertama yang diketiknya adalah : -) dan : -(. Fehlman kemudian menjelaskan, emoticon itu bermanfaat agar candaan melalui teks tidak lagi dianggap serius. Saat ini, ketika penggunaan emoticon makin beragam, Fehlman tidak menerima sepeser uang pun dari emoticon yang dipopulerkannya. Baginya, itu adalah hadiah kecil yang diberikannya untuk dunia.

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT