BREAKING

Manfaat Konsumsi Serat



Dulunya serat dibedakan menjadi serat larut dan serat tak larut, namun sekarang klasifikasi serat dibedakan berdasarkan sumbernya, yaitu serat yang terdapat dalam makanan utuh (serat diet) dan serat yang didapat dari ekstrak makanan.

Berikut adalah beberapa manfaat serat bagi tubuh.

Menurunkan kolesterol
Kombinasi berbagai macam serat dengan air akan membentuk semacam gel dalam perut. Penelitian dan berbagai jenis percobaan yang dilakukan selama ini telah menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya serat akan menurunkan tingkat kolesterol buruk (LDL) dan menurunkan tingkat kolesterol secara keseluruhan.

Turunkan risiko penyakit jantung
Mengonsumsi makanan berserat tinggi diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, makanan berserat juga bisa mencegah terjadinya serangan jantung serta menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Mengontrol gula darah
Karena serat akan membentuk gel dalam perut, hasilnya penyerapan nutrisi akan lebih pelan dan ini efektif untuk menurunkan jumlah insulin yang dibutuhkan untuk membersihkan gula dalam aliran darah. Dengan begitu, secara tak langsung mengonsumsi makanan berserat juga baik untuk mengontrol tingkat gula dalam darah. Ini penting terutama bagi penderita diabetes yang rawan mengalami lonjakan gula darah setelah mengonsumsi banyak karbohidrat.

Mencegah dan mengatasi konstipasi
Makanan berserat sangat baik untuk sistem pencernaan dan bisa mencegah atau mengatasi konstipasi. Makanan berserat akan mendorong makanan sisa keluar dari tubuh lebih cepat dan mencegah terjadinya konstipasi. Ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya serat.

Mengontrol berat badan
Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena serat yang membentuk gel dalam perut. Dengan begitu, Anda tak akan tergoda untuk ngemil atau mengonsumsi makanan lain yang mengandung banyak kalori. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan kaya serat lebih berkemungkinan memiliki berat badan yang ideal dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi serat.

Nah, kalau kamu merasa masih kurang mengkonsumsi serat, maka mulailah memperhatikan asupan serat saat ini. (google image)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT