BREAKING

Fakta Unik Menguap


(gambar: phillipkelley.net)
Kenapa menguap ya?
Menguap adalah reaksi refleks pernafasan yang dipicu oleh darah yang membutuhkan lebih banyak oksigen, karena paru-paru tertutup oleh karbondioksida. Secara otomatis “sinyal” ini membuat kita refleks untuk menguap, sehingga oksigen masuk ke dalam paru-paru.

Menguap = Sehat
Menurut Ahli neuroscientis, Andrew Newberg, Direktur The Center for Spirituality and the Mind, Universitas of Pennsylvania, menguap akan menstimulasi irama di bagian tertentu saraf otak yang mengatur temperatur otak dan metabolisme. Kemudian akan meningkatkan kerja dan kontrol otot dalam tubuh kita. Selain itu, menguap juga bisa merangsang bagian otak, meningkatkan rasa empati dan kepedulian sosial serta membuat tubuh lebih rileks.

Ups! Alarm munculnya penyakit
Faktanya, disarankan kita menguap sebanyak 10 kali setiap harinya. Biasanya kita akan menguap selama 6 detik lamanya. Tapi kalau terlalu sering, menguap bisa jadi tanda munculnya penyakit, lho. Penyakit ini berhubungan dengan otak, jantung, saraf atau masalah tidur seperti kurang tidur.

Menguap ternyata menular!
Saat kita melihat orang lain menguap, tanpa sadar kita jadi ikutan menguap. Menurut penelitian, 40-60% orang yang melihat orang lain menguap, akan menguap juga. Menguap lebih mudah tertular pada orang yang punya hubungan dekat, seperti sahabat. Ternyata ini disebabkan karena adanya efek empatetik yang muncul dari proses penglihatan bahkan lewat pendengaran. Cool!

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT