BREAKING

Cara Merawat Kawat Gigi


(gambar: kompas online)
Memakai kawat gigi memang gampang-gampang susah. Jika tidak hati-hati, maka kawat gigi justru bisa merusak gigi atau gusi. Yuk cari tahu cara merawat kawat gigi!

Menghindari makanan keras
Makanan keras bisa merusak atau mengubah letak kawat gigi. Hindari makanan yang membutuhakn kerja ekstra gigi untuk mengunyahnya. Hindari juga memakan permen karet. Bila permen tersebut melekat dikawat gigi, maka akan sulit untuk dilepaskan.

Mengunyah dengan gigi belakang
Memakai kawat gigi juga membuat kita nggak boleh sembarangan mengunyah. Gigi belakang membantu pemakai behel untuk mengunyah makanan yang agak keras. Hindari mengunyah di gigi bagian depan karena bisa merusak behel. Kalau bisa, makanan tersebut dipotong-potong lebih dulu. Kunyah juga secara perlahan supaya behel nggak melukai dinding mulut dan gusi.

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis
Sisa makanan yang mengandung banyak gula akan mudah menempel di kawat gigi. Ini dia yang memicu timbulnya bakteri. Kalau kamu penyuka makanan manis, maka berusahalah untuk mengurangi konsumsinya.

Rajin gosok gigi
Menggosok gigi wajib dilakukan setelah makan supaya tidak ada sisa makanan yang tertinggal dikawat gigi. Lebih baik melakukannya 3-4 kali sehari. Selain itu, kita juga bisa berkumur air hangat untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Tambahkan satu sendok makan air garam untuk berkumur.

Check up ke dokter gigi
Jangan malas ke dokter gigi. Setiap bulan, kita wajib datang untuk membersihkan kawat gigi. Ini dilakukan supaya nggak ada bakteri yang muncul. Momen ini juga bisa kamu gunakan untuk membetulkan letak kawat gigi yang bergeser.

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT