BREAKING

Mataram Peteng, Selebrasi Perdana Earth Hour Mataram 2014


Foto: dok: Earth Hour Mataram

Mataram—Kampanye global penghematan energi, Earth Hour, untuk kali pertamanya akan digelar di Kota Mataram. Pemerintah Kota Mataram telah memberikan dukungan penuh untuk event switch off, yang jatuh pada hari Sabtu, 29 Maret 2014, pukul 20.30-21.30 WITA. Selebrasi akan digelar di kawasan pusat pemerintahan, perempatan gubernuran, Jl. Langko. Badan Lingkungan Hidup Kota Mataram selaku leading sector selebrasi Earth Hour telah berkoordinasi dengan seluruh SKPD di lingkup Pemkot Mataram untuk menyukseskan event ini. Bersama-sama dengan 36 kota pendukung Earth Hour lainnya di seluruh Indonesia, Mataram siap untuk melakukan aksi switch off sukarela, lampu dan barang-barang elektonik lainnya yang tidak digunakan pada jam tersebut.

Sebagai bentuk nyata dukungan dari Pemerintah Kota, Walikota Mataram telah mengeluarkan himbauan untuk seluruh SKPD, Camat, dan Lurah untuk mematikan sebagian atau seluruh lampu kantor pada jam tersebut. Camat dan Lurah juga diminta untuk menyosialisasikan gerakan Earth Hour kepada seluruh masyarakat di wilayah masing-masing. Beberapa landmark dan fasilitas umum di Kota Mataram telah dipastikan akan ‘gelap’ serentak pada jam tersebut. Islamic Center, kantor dan pendopo Walikota, kantor dan pendopo Gubernur, Bank NTB, Hotel Santika, Taman Sangkareang, berikut lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang kawasan tersebut termasuk dalam list partisipan switch off.

Selain menggandeng langsung Pemerintah Kota Mataram, tercatat puluhan komunitas di kota Mataram, pelajar, mahasiswa, musisi lokal, dan pelaku bisnis menyatakan dukungannya untuk aksi ini. Perayaan switch off akan dimeriahkan oleh aksi komunitas, penampilan musisi lokal, tarian daerah, paduan suara, dan berbagai aksi menarik lainnya. Pada kesempatan tersebut juga akan dilakukan pengukuhan Duta Earth Hour Mataram dari unsur pemerintah dan individu. Gubernur NTB, Walikota, Wakil Walikota Mataram, dan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Mataram, terpilih sebagai Duta Earth Hour Mataram dari unsur pemerintah. Kepala BLH Mataram, H. M. Saleh, mengharapkan selebrasi perdana ini bisa menjadi langkah awal untuk berbagai kegiatan go green lainnya yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif. “Sesuai dengan misinya, Earth Hour kita harapkan tidak hanya menjadi selebrasi tahunan, tapi menjadi wujud aksi yang berkelanjutan,” tambahnya.

Dukungan juga diberikan PLN Unit Mataram dengan menyatakan kesiapan untuk melakukan kalkulasi penghematan daya pada malam selebrasi tersebut. Penghitungan dilakukan dengan membandingkan penggunaan rata-rata daya listrik pada malam switch off tersebut dengan malam sebelumnya.

Mengusung simbol 60+, gerakan Earth Hour diharapkan menjadi gerakan penghematan energi berkelanjutan. Tidak hanya terhenti pada aksi mematikan lampu dan peralatan elektronik selama 60 menit, namun berkembang menjadi aksi-aksi sederhana yang akan memberi dampak luar biasa jika dijadikan gaya hidup.

Dukung dan meriahkan selebrasi perdana #MataramPeteng Earth Hour Mataram, 29 Maret 2014, 20.30-21.30
Ini aksiku! Mana Aksimu?

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT