BREAKING

Terlalu Asyik Dengan Gadget, Stop Sebut Kata Autis


Para remaja, saat ini, sering keasyikan memainkan gadget sampai lupa dengan kondisi di sekelilingnya. Hingga akhirnya muncul sebutan autis gadget bagi orang yang terlalu asyik dengan gadgetnya.Eits, jangan asal pakai istilah, penggunaan autis gadget bukan hanya nggak tepat, tapi juga bisa menyinggung perasaan orang lain.

Di era teknologi dan informasi saat ini, banyak kita lihat kaum muda yang lebih sibuk dengan gadget mereka baik berupa smartphone, ipad, tablet dan sebagainya. Smartphone beserta segala aplikasinya, terutama social media, membuat remaja saat ini lebih memilih berlama lama menatap layar gadget mereka, berkomunikasi di dunia maya, dibandingkan berkomunikasi dengan orang orang di kehidupan nyata. Mereka yang terlalu asyik bermain gadget hingga tidak memperhatikan sekelilingnya sering dijuluki autis gadget.

Namun tahukah anda? Penempatan istilah autis gadget tersebut tidak tepat. Seperti yang diungkapkan oleh psikolog muda, Pujiarohman, M.Psi, sebenarnya penggunaan kata autis untuk menyebut seseorang yang terlalu asyik dan dan fokus dengan smartphone adalah kurang tepat. “Inilah yang perlu diluruskan, istilah autis gadget itu sebenarnya tidak tepat. Jadi hati hatilah dan jangan sembarangan membuat istilah seperti itu.”

Autis merupakan istilah medis untuk seseorang yang mengalami hambatan pada perkembangan otaknya ketika usia balita yang kemudian berpengaruh pada kemampuan berkomunikasi dan interaksi sosialnya, dan kata autis itu sendiri bukanlah kata kata untuk mengolok olok seseorang.

Oleh karena itu, Pujiarohman menghimbau kepada remaja saat ini agar tidak sembarangan dalam menyampaikan istilah istilah seperti itu. (Eka/Gambar:merdeka.com)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

2 comments:

  1. Ya itu biar menjadi sindiran aja, jangan terlalu fokus sama gadget kalau ada orang disekitarnya

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikologi. Perkembangan psikologi manusia sekarang ini harus sangat diperhatikan agar mereka tidak berkembang dengan mental yang salah. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai psikologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT