BREAKING

Gamal, Sukses Lewat Asuransi Sampah


Gamal Albinsaid, dokter muda (24) lulusan Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur mendapat penghargaan bergengsi HRH The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneur dari Kerajaan Inggris yang langsung diserahkan oleh Pangeran Charles. Keren!

Gamal saat menerima penghargaan dari pangeran Charles (foto: bbc.co.uk)

Asuransi Sampah, Seperti Apa?

Gagasan Gamal untuk membuat asuransi sampah dimulai saat dirinya mengetahui anak seorang pemulung berusia 3 tahun yang terkena diare dan meninggal. Penghasilan orang tuanya yang hanya Rp.10.000 sehari tidak mampu membawa sang anak ke klinik. Gamal bersama teman-temannya kemudian mendirikan layanan kesehatan di daerah kampus mereka. Yang berobat bisa membayar dengan sampah.

Saat ini jumlah nasabah asuransi sampah berjumlah sekitar 500 keluarga. Mereka cukup menyerahkan sampah rumah tangga non-organik, seperti botol plastik, kardus, atau kertas, sebulan sekali.

Sampah kemudian akan ditimbang dan dihargai menjadi semacam premi. Saat ini premi dihargai hingga Rp.10.000 per bulan. Premi ini kemudian dijadikan tabungan warga untuk bisa berobat di klinik

Mengapa Sampah?

Meurut Gamal, ia sengaja memilih sampah karena setiap rumah tangga pasti memilikinya. Selain itu, sampah masih dianggap barang yang tak berharga. Padahal sampah bisa dijadikan sumber penghasilan bila diolah dengan tepat.

Gamal dinilai bisa menangani masalah sampah sekaligus kesehatan warga miskin. Gamal berhasil menyisihkan 511 unggulan wirausaha sosial lainnya yang berasal dari 90 negara. Berkat keberhasilannya, Gamal menerima hadiah 50.000 euro atau sekitar Rp. 800 juta dalam bentuk dukungan finansial dan paket mentoring dari Cambridge, Inggris. (lyn)



About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT