BREAKING

Teknologi Biogas


Banyak sumber-sumber energi lainnya yang bisa diusahakan selain bahan bakar fosil yang persediaannya semakin menipis. Yuk, cari tahu tentang biogas!


Persediaan sumber bahan bakar fosil semakin menipis, sementara kebutuhan manusia akan energi tak lagi bisa ditawar. Dalam waktu beberapa tahun kedepan, Indonesia diprediksi terancam krsisi energi. Pemakaian energi Indonesia terbilang boros bila dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik. Pencarian sumber energi lain selain bahan bakar fosil terus digalakkan, salah satunya adalah biogas.

Saat ini penggunaan energi biogas di Indonesia terus dimantapkan. Misalnya nih, Indonesia memiliki Program Biogas Rumah Indonesia (Biru). Program ini sudah ada sejak tahun 2009, dikelola dan diimplementasikan oleh Hivos (Institut Kemanusiaan untuk Kerja Sama Pembangunan) dengan bantuna teknis dari SNV (Lembaga Pembangunan Belanda) dan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi dari Kementrian ESDM. Program Ini yang bikin penggunaan biogas makin populer di Indonesia

Sebenarnya nggak cuma kotoran sapi yang bisa diolah menjadi biogas. Segala jenis kotoran bisa digunakan, termasuk kotoran manusia. Meski demikian, penggunaan kotoran manusia untuk biogas sampai saat ini masih terkendala asas kepantasan di masyarakat. Sampah organik pun Bisa diolah menjadi biogas.

Kira-kira akan seperti apa ya pengembangannya di masa depan? Semoga pemerintah lebih memperhatikan lagi sumber-sumber energi sederhana seperti ini! (foto: net)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT