BREAKING

Sosrobahu, Karya Anak Negeri di Dunia Konstruksi



Pada akhir 1980-an, dilaksanakan pembangunan jalan tol dari Cawang ke Tanjung Priok yang memiliki panjang kurang lebih 16,5 km. Tapi, pembangunan ini nggak berlangsung mulus karena terkendala teknik konstruksi.

Bayangin aja kalau misalnya teknik yang digunakan konvensional, maka akan terjadi kemacetan sepanjang proses pembangunan karena tiang horizontal yang dibangun mencapai 22 meter.

Saat itu, Ir. Tjokorda Raka Sukawati berpikir untuk membuat sumbu yang dapat meutar bahu lengan beton jalan layang. Ia berfikir bahwa dalam teori fisika, benda seberat apa pun akan mudah digeser dengan meniadakan gaya gesek. Dengan penemuan ini, tiang penyangga jalan yang sudah selesai dibangun sejajar dengan ruas jalan lantas diputar 90 derajat dengan bantuan minyak pelumas sehingga posisinya melintang.

Jalan tol cawang-Tanjung Priok pun menjadi jalan layang pertama di dunia yang memakai teknik “pemutaran kepala tiang penyangga.” Nah, teknik ini kemudian dinamai teknik sosrobahu.
Keren kan? (foto: net)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT