BREAKING

Tanaman Ini Hanya Ada di Indonesia


Tanaman Ini Hanya Ada di Indonesia

Banyak keisimewaan yang dimiliki Indonesia. Bukan hanya ragam budaya, bahasa, atau tempat wisata yang oke punya. Indonesia juga punya tanaman endemik; yaitu tanaman yang cuma ada di Indonesia. Yuk lihat daftarnya!
* Cendana Cendana adalah tanaman penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, bahkan rangka keris. Kayu yang baik bisa menyimpan aroma untuk waktu yang sangat lama, bahkan sampai berabad-abad. Kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggar Timur (NTT), khususnya pulau Timor. Cendana sangat sulit dibudidayakan, sehingga harganya menjadi mahal. Species Santalum album hanya bisa ditemukan di Indonesia. 

* Anggrek Hitam 
Anggrek hitam atau yang dikenal dengan nama ilmiah Coelogyne pandurata adalah species anggrek yang hanya tumbuh di kalimantan. Dinamakan anggrek hitam karena memiliki lidah (labellum) berwarna hitam dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Anggrek ini juga menjadi maskot flora provinsi Kalimantan Timur. Bungan ini semakin jarang ditemukan akibat berkurangnya luas hutan di Kalimantan.

 * Patma Raksasa 
Tumbuhan ini lebih dikenal dengan nama Rafflesia arnoldii karena ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles dan Joseph Arnold. Bentuknya seperti bunga raksasa dan dikenal sebagai bunga terbesar di dunia. Tumbuhan ini pertama kali ditemukan di hutan tropis Bengkulu pada tahun 1818 dan terkenal dengan baunya yang menyengat. Patma Raksasa seringkali dianggap sebagai bunga bangkai, padahal keduanya berbeda. Bunga Bangkai (Suweg Raksasa) memiliki nama ilmiah Amorphpophallus titanium, keduanya sama-sama memiliki ukuran besar (raksasa) dan mengeluarkan bau yang busuk. Namun antara Raflesia dan Bunga Bangkai memiliki perbedaan pada klasifikasi biologi, bentuk, warna, cara hidupnya, dan siklus hidupnya.

diolah dari Wikipedia. 
gambar: bksdakaltim.dephut.go.id 
.

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT