BREAKING

Susahnya Mendapat SIM Motor di Inggris



Mengendarai motor memang butuh keahlian. Nah, untuk legal berkendara di jalan raya, Surat Izin Mengemudi alias SIM wajib dimiliki bagi para pengendara. Di Indonesia tidaklah sulit untuk mendapatkan surat izin ini. Lain halnya dengan di Inggris, butuh perjuangan ekstra untuk mendapatkan izin mengemudi.

Mulai Januari tahun depan, kepolisian Inggris menerapkan peraturan tambahan bagi mereka yang berminat mendapatkan SIM motor. SIM untuk sepeda motor, dibagi menjadi 4 kategori:

* AM: diberikan untuk pengendara yang mulai menginjak 16 tahun. Jenis sepeda motor yang boleh dinaiki adalah sepeda motor ber-cc kecil, tidak lebih dari 50 cc.
* A1:  diberikan untuk  yang sudah menginjak usia 17 tahun, dengan jenis sepeda motor tak boleh melebihi 125 cc. Dalam tahap ini, pengendara harus sudah melewati ujian "Learn" yang artinya harus sudah mahir dan tidak lagi dalam proses belajar.
* A2: Jenis ini dibuka untuk 19 tahun ke atas. Pengendara dibatasi menaiki sepeda motor yang bertenaga hingga 47 PS. Untuk sampai di level ini pengendara harus melewati ujian kemahiran. Yang berminat harus mahir menaiki sepeda motor bertenaga di atas 27 PS, berarti untuk bisa menaiki Kawasaki Ninja 250 yang bertenaga maksimal 33 PS, maka SIM jenis ini wajib dimiliki.
* A:  Jenis ini adalah level tertinggi dan bisa dimiliki oleh mereka yang berusia di atas 24 tahun. Untuk sampai ke tahap ini, maka harus mendapat sertifikat dasar dengan ujian melewati berbagai manuver khusus tanpa jatuh.

Untuk semua jenis SIM, diberlakukan tes teori dan tes praktik dengan sepeda motor khusus yang telah disiapkan. SIM berlaku dua tahun dan bila jangka waktu telah habis, tidak perlu mengulang tes kembali, kecuali bila ingin mendapat level SIM yang lebih tinggi. 

Wahh, ternyata tidak segampang di Indonesia ya! Peraturan ini bisa jadi bahan pelajaran bagi pihak kepolisian di Indonesia untuk lebih memperhatikan kembali prosedur kepemilikan SIM. 

Sumber: Kompas Otomotif
Foto: Eksklusif

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT