BREAKING

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur



Siklus menstruasi yang tidak teratur pasti sangat mengkhawatirkan bagi para wanita. Ayo cari tahu lebih banyak tentang siklus menstruasi!

Kenali Siklusnya
Siklus menstruasi yang teratur bisa kita lihat dari lamanya perdarahan dan jarak (interval) antara dua siklus menstruasi. Lamanya perdarahan bisa bervariasi dari 2 – 7 hari. Sementara jarak antara periode menstruasi yang satu dengan selanjutnya sekitar 28 hari. Nah, jika siklus menstruasi kita tidak seperti ini, maka dianggap tidak teratur.

Penyebab 
Ada beberapa hal yang menyebabkan menstruasi kita nggak teratur, di antaranya:

Siklus Belum Stabil
Pada dua tahun awal pertama, siklus menstruasi masih belum stabil. Namun, lama-kelamaan siklusnya akan teratur dan bisa terbaca. Oleh karena itu sangat penting untuk kita mencatat atau menandai kalender tiap kali kita menstruasi.

Stres
Coba perhatikan, apakah akhir-akhir anda sedang banyak masalah atau stres? Jika iya, bisa jadi hal ini menjadi penyebabnya. Ketika kita stres, kelenjar adrenal yang bertugas mengeluarkan hormon kortisol akan terpengaruh dan berdampak langsung pada hormon yang terlibat dalam menstruasi kita, seperti estrogen dan progesteron.

Perubahan Berat Badan
Perubahan berat yang drastis juga bisa jadi penyebabnya. Kenaikan atau penurunan berat badan menandai adanya gangguan pada tyroid. Nah, biasanya gangguan ini ditunjukkan dengan siklus menstruasi yang nggak teratur, tubuh lesu dan lain-lain.

foto: viva.co.id

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT