BREAKING

Bangga Jadi Indonesia



Berada di luar negeri, jauh dari tanah kelahiran ibarat keluar dari zona nyaman. Hal-hal kecil sekalipun bisa dengan mudah mengingatkan saya akan nyamannya Indonesia. Nyaman berada di antara saudara satu bangsa. Di sisi lain, hidup di negeri orang membuat saya lebih ngeh tentang apa saja yang membuat negeri Paman Sam lebih maju dari negeri dimana saya lahir dan dibesarkan. Meski demikian, saya selalu berkata, "I'm proud to be Indonesian."

Tepatnya 14 November 2012 yang lalu, international student dari berbagai negara yang tergabung dalam Northwest Community College Initiative Program (NWCCI); program yang membawa saya mendarat di Washington State, USA, menggelar country fair. Acara ini menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk memperkenalkan negara masing-masing. Sederhana; berbekal board presentasi yang diisi dengan potongan-potongan gambar berikut keterangan dan pernak-pernik unik yang digelar di meja, kami mampu membawa mereka yang datang mengunjungi stand terbang ke Imdonesia.

Saat bersepakat tentang materi yang akan dipamerkan, saya tersadar akan kayanya Indonesia. Begitu banyak hal menarik yang tidak mungkin cukup kami gambarkan lewat dua papan presentasi. Unity in diversity--Bhineka Tunggal Ika, adalah hal yang patut membuat Indonesia bangga (dan sayangnya baru saya sadari). Harapan saya, semoga saja semboyan ini bukan sekedar semboyan, tapi benar-benar menjadi kebanggan bangsa Indonesia.

Kekayaan alam, budaya, bahasa, makanan; apa lagi yang kurang dari bangsa ini? Sungguh Indonesia negeri yang amat kaya. Sudah sepantasnya setiap 'kita', mulai melihat bangsa ini sebagai bangsa besar dengan mimpi dan harapan besar. Pada kaum mudalah harapan bangsa ini diletakkan. Sekecil apapun yang bisa kita lakukan, lakukanlah! 

Dari negeri seberang, kami berteriak lantang; sejauh apapun kami pergi, kami tetap BANGGA JADI INDONESIA! -Eliyan

Country Fair
Indonesian Broches (photo by: Bebhinn Horrigan)


Indonesian Students + Kenyan
Bangga Jadi Indonesia!

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT