BREAKING

SEPUTAR MENSTRUASI


Menstruasi bukanlah halangan untuk beraktifitas. Tapi mesti diakui kondisi tubuh saat menstruasi terasa berbeda karena hormon yang fluktuatif. Jangan heran bila saat menstruasi kita mengalami hal-hal yang nggak ngenakin. Mulai dari nyeri perut sampai lemas tak bertenaga. Biar tahu lebih banyak tentang menstruasi, baca dulu tulisan dibawah ini!

NYERI HAID
Dismenorea alias nyeri haid terjadi di awal menstruasi. Nyerinya terasa di perut, punggung bawah, hingga paha. Penyebabnya adalah kontraksi dinding rahim saat meluruhkan sel telur. Ada dua macam Dismenorea:primer dan sekunder. Primer terjadi dua hari sebelum menstruasi dan biasanya mereda begitu menstruasi tiba. Sedangkan, sekunder terjadi lebih lama dan lebih nyeri dibandingkan primer.

LEMAS MENYERANG
Kalau tadinya pulang sekolah kita menyetujui ajakan teman utnuk nongkrong atau olahraga bareng, begitu menstruasi jadi mikir dua kali. Kita mudah letih dan ngantuk melulu. Penyebabnya adalah tubuh yang kekurangan zat besi karena banyaknya darah yang keluar. Zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin, yaitu zat dalam sel darah merah yang menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

WOW, IT'S BUBBLING!
Bukan lengan atau kaki kita yang mengencang, melainkan payudara. Ketidakseimbangan hormon akan merangsang kelenjar susu sehingga payudara pun membesar, terasa keras, penuh, bahkan sakit saat disentuh.

JADI SENSI
Kram perut masih bisa ditahan, tapi menahan diri untuk nggak ngomel tuh susah banget! Wajar, saat itu hormon estrogen dan progesteron sedang nggak seimbang sehingga senyawa serotonin di otak ikutan menurun. Serotonin adalah senyawa kimia yang mengatur perasaan dalam sistem saraf kita. Jika serotonin turun, mood kita ikutan nggak stabil dan gampang emosi.

Oya, selama menstruasi, perhatikan pembalut yang kamu gunakan. Rajin-rajin ganti biar nggak iritasi akibat pembalut. Jangan lupa juga konsumsi buah-buahan yang berkhasiat untuk kesehatan. Be happy gals!! (foto:eksklusif)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT