BREAKING

Tips Belajar Efektif


Ada pernyatan yang bilang;"durasi belajar itu nggak penting, yang paling penting adalah efektifitas belajar." Kamu setuju? Setiap orang punya cara sendiri dalam belajar dan hasilnya pun berbeda-beda. Coba simak tips belajar efektif ala Beemagz berikut.

1. Pilih waktu yang tepat
Kamu pasti tahu kapan waktu yang tepat untuk belajar, at least untuk diri kamu sendiri. Biasanya orang cenderung memilih untuk belajar saat dalam keadaan segar. Tapi ada juga yang sengaja bangun di malam hari untuk belajar. Temukan sendiri timing yang pas buat kamu!
2. Bikin suasana nyaman
Nggak hanya pilihan waktu, suasana pun sangat mendukung efektifitas belajar. Cari tempat yang cozy di kawasan rumah kamu, bisa jadi itu adalah kamar kamu atau bahkan balkon rumah. Kalau kamu terbiasa dengan musik, kamu juga bisa belajar sambil mendengarkan musik. 
3. Bikin diagram/catatan pribadi
Nggak semua yang ada di buku pelajaran atau yang disampaikan guru kamu penting. Pilih poin-poin utama dan temukan kata kuncinya. Belajar jadi lebih sederhana kalau kamu terbiasa membuat catatan pribadi.
4. Mengerti bukan Menghafal
Kalau kamu menghafal sesuatu belum tentu kamu mengerti. Disaat kamu mengerti topik yang kamu pelajari, secara otomatis kamu akan paham. Pemahaman ini yang akan membantu kamu menganalisa jawaban. Jadi, biar soalnya diputar-putar, kamu pasti bisa jawab. Memang sih, beberapa mata pelajaran memang butuh hafalan. Misalnya saja tanggal bersejarah atau nama-nama tokoh. Kuncinya;baca berulang-ulang, tanpa kamu sadari hafalan itu bakal melekat di ingatan dengan sendirinya.
5. Ambil jeda waktu 
Yang namanya bosan dalam belajar sangatlah wajar. Selama proses belajar berikan jeda per sekian menit untuk melakukan aktifitas lain. Seperti berjalan-jalan atau sekedar stretching. Jangan lupa juga sediakan air putih. Belajar juga harus memperhatikan kesehatan lho!
6. Jangan Dipaksa
Just go with the flow! Belajar yang efektif adalah ketika kamu belajar karena benar-benar ingin belajar. Untuk sampai ke level ini kamu harus disiplin, lama kelamaan kamu akan merasakan belajar sebagai sebuah kebutuhan.
7. Be creative!
Media dan sumber belajar saat ini sangat beraneka ragam. Kamu nggak melulu harus mandangin text book. Tapi denga nsedikit effort kamu bisa menemukan sumber dan media yang tepat. Misalnya recording suara, rekaman video, slide presentasi, dan lain sebagainya. Semakin kreatif media yang kamu gunakan, maka kamu akan semakin betah belajar.

Perlu diingat bahwa hanya kamu yang bisa menentukan cara mana yang paling efektif untuk diri kamu sendiri., so just find yours!! Baca juga tulisan tentang generasi galau  di website ini atau cari tahu seberapa besar pengaruh sosial media dalam hidup kamu. Enjoy reading!


About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT