BREAKING

Save Water, Please!!


Air adalah sumber kehidupan”, pastinya kalian sudah sering mendengar ungkapan itu. Ya, semua aktivitas dalam hidup kita memang membutuhkan air. Mulai dari kebutuhan yang paling pokok, yaitu minum, mandi, mencuci sampai ke kebutuhan lainnya yang nggak lepas dari air. Yang jadi pertanyaan adalah, apa mungkin ketersediaan air yang ada di daerah kita bisa mencukupi semua kebutuhan masyarakat? Kali ini Beemagz menyambangi WWF (World Wide Foundation) Indonesia Nusa Tenggara Project. Well, dari sini kita jadi tahu tentang kondisi sumber air yang ada di daerah kita.  Belajar hemat air dari sekarang yuk!

Faktanya 
  •  Jumlah mata air di Pulau Lombok semakin berkurang secara signifikan dari tahun ke tahun. Sampai  tahun 2008 tercatat sebanyak 107 titik mata air. Jumlah tersebut menurun drastis hanya dalam kurun waktu 12 tahun, yaitu pada tahun 1996 jumlah mata air yang tercatat adalah 702 titik.
  •  Pada 2008, potensi air Pulau Lombok adalah 3,04 milyar m3 per tahun, dengan perbandingan kebutuhan mencapai 3,625 milyar m3 per tahun. Untuk perkapita, potensi per rumah tangga adalah 1.050 m3 pertahun, sedangkan kebutuhannya mencapai 1.250 m3 per tahun. Artinya demand (permintaan) lebih tinggi daripada ketersediaan. 
  •  Kebutuhan air di Pulau Lombok masih defisit. Ini dilihat dari indeks ketersediaan air yang dihitung dari jumlah aliran stabil dibagi dengan jumlah penduduk yang ada di wilayah DAS (Daerah Aliran Sungai). 
Kenapa?

      Berkurangnya jumlah mata air terjadi karena rusaknya sumber mata air akibat kerusakan kawasan hutan. Semua ini adalah dampak dari illegal logging dan pembukaan lahan berpindah. Selain itu, tekanan akibat pertambahan jumlah penduduk juga berdampak pada perubahan area resapan.

Solusinya?

       Untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat, Kota Mataram mensupply air dari sumber mata air di Hutan Sesaot yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

       Untuk membantu mengatasi masalah air, WWF menjalankan program jasa lingkungan. Program ini bertujuan agar publik ikut berpartisipasi dalam  konservasi air dan lingkungan hidup. Contoh realnya, dilakukan kerja sama dengan PDAM, dimana di dalam surat rekening pembayaran air setiap bulannya dikenakan tarif jasa lingkungan.

Apa saja yang bisa kita lakukan?

Menghemat penggunaan air
Hal ini bisa dilakukan dengan cara sederhana, seperti :
  • Menggunakan keran sensor. Pemakaiannya tidak seperti keran biasa yang bisa dibuka sampai full, tapi air akan keluar seperlunya ketika kita menadahkan tangan satu-satu dibawah keran.
  •  Jangan lupa mematikan keran air setelah selesai.
  • Mengurangi rutinitas mencuci kendaraan (mobil dan motor). Perhatikan debit air yang keluar dan sesuaikan tingkat penggunaan dengan kondisi kendaraan yang kotor.
  • Membuka area resapan dengan menanam pohon
 Nah, untuk kalian yang doyan ngumpul bareng teman segang atau tergabung dalam komunitas tertentu, bisa banget tuh mengadakan aksi peduli lingkungan. Misalnya seperti kegiatan menanam pohon bersama, atau paling nggak membantu menjaga kelestarian lingkungan yang sudah ada agar tidak rusak.

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT