BREAKING

Khasiat Buah Untuk Kesehatan


Setiap orang menginginkan tubuh yang sehat. Selain rajin berolahrga, check up kesehatan, mengatur pola dan ketelitian dalam memilih makanan juga menjadi salah satu cara jitu untuk menjaga keseimbangan asupan gizi tubuh. Periset juga pernah menyatakan bahwa menangis itu sehat sebagai salah satu cara untuk melepaskan perasaan cemas dan depresi. Yang paling umum adalah buah-buahan. Buah sering dipilih sebagai salah satu resep sehat. Selain rasanya yang enak, buah-buahan juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Bahkan riset menunjukkan bahwa buah tertentu dapat mengandung sekaligus tiga khasiat;untuk kesehatan, self healing, dan sebagai resep awet muda. Berikut adalah beberapa jenis buah-buahan tersebut.

SEMANGKA
Semangka memicu pemikiran tentang cuaca panas sehingga aroma buahnya secara psikologis dikaitkan dengan relaksasi. Aroma semangka dapat menurunkan kadar kecemasan dalam diri. Semangka juga kaya arginine, sejenis asam amino yang meningkatkan produksi nitric acid tubuh yang merilekskan pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, semangka yang juga punya kandungan 98% air sangat cocok sebagai natural enhancer untuk melembabkan sel-sel kulit wajah dan mencerahkannya. Ini karena semangka juga mengandung citrulline, sejenis asam amino yang berfungsi menyembuhkan dan memperbaiki jaringan kulit.

NANAS
Nanas kaya akan manganese dan thiamin, dua nutrien yang terkait dengan penurunan depresi dan anxiety (kecemasan). Nanas juga mengandung  bromelain, sejenis enzim yang yang meningkatkan sirkulasi, mencegah inflamasi dan pembengkakan, mengurangi penggumpalan darah dan menurunkan resiko-resiko masalah jantung. 

PISANG
Pisang kaya akan vitamin B6 yang terbukti dapat meningkatkan kejernihan berpikir dan meningkatkan stamina. Pisang juga mengandung tryptophan yang bisa meredakan saraf lelah. Kandungan potassium dalam pisang juga mampu menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu, kulit pisang juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan menggosokkan kulit bagian dalam dari kulit pisang selama satu menit, sebelum atau sesudah gosok gigi. Kandungan kalsium dan vitamin D yang dikandung pisang adalah penjelasan dari hal ini.

JAMBU KLUTUK
Buah jambu klutuk mengandung vitamin C yang tinggi. Karenanya, kadar cortisol, hormon yang membuat kita merasa stress dan marah lebih rendah. Buah ini juga mengandung senyawa astringent yang menjadikan jambu klutuk mampu bersifat desinfektan dan antibiotik ilmiah yang efektif. Selain itu jambu klutuk adalah sumber makanan utama lycopene alamiah, sejenis antioksidan yang mencegah kulit dari kerusakan sinar UV dan mengatasi kerut karena paparan matahari.

KELAPA
Minyak yang terkandung pada kelapa terdiri dari 50% lauric acid yang menguatkan sistem imun dan membunuh bakteri dan virus dalam saluran cerna. Kelapa juga membantu mencegah bintik-bintik penuaan (age/liver spot).

STROBERI
Stroberi memiliki sifat yang sama seperti aspirin dan ibuprofen. Stroberi menghambat sejenis enzim yang disebut COX penyebab stroke dan serangan jantung. Buah stroberi juga kaya akan hydroxy acid, ingredien yan gsama yang banyak terdapa tdalam produk perawatan kulit.  Selain dikonsumsi, untuk mendapatkan khasiatnya dari luar juga bisa dengan menggosok-gosokkan potongan stroberi pada wajah.


About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT