BREAKING

Kertas Daur Ulang Berbahan Pup


Menggunakan produk daur ulang mungkin bukanlah hal yang baru bagi sebagian kita. Apalagi jika barang itu hanya berupa kertas. Tidak hanya menyelamatkan lingkungan, buasanya kertas-kertas daur ulang juga punya tekstur dan model yang menarik. Tapi bagaimana bila bahan 'daur ulang' kertas tersebut adalah pup alias feces alias kotoran manusia?
Perusahaan asal Israel, Applied Clean Tech berhasil menemukan bahan dasar pembuat kertas (bubur kertas/pulp) yang berasal dari kotoran manusia. Sebenarnya pulp yang dimaksud tidak berasal 100% dari kotoran manusia, melainkan diambil dari tissu toilet yang digunakan untuk membersihkan pup. tissu toiletini kemudian diuraikan sampai menjadi bubur kertas. 

Di Indonesia penggunaan tissu sebagai pembersih kotoran (pup) memang tak sebanyak di negara lain.
Namun di negara-negara lain, campuran tisu di dalam tangki pembuangan akan sangat banyak dan disinilah Applied Clean Tech akan mendapatkan bahan untuk membuat bubur kertas tersebut. Mereka mengklaim dengan menggunakan teknologi ini maka bisa memenuhi kebutuhan pasar kertas sebanyak 10% tetapi dari sisi penyelamatan lingkungan dampaknya jauh lebih besar.

Saat ini Applied Clean Tech sedang bernegosiasi dengan fasilitas pembuangan limbah (kotoran manusia) di Amerika dan Eropa untuk mendapatkan bahan utama tersebut.(foto:eksklusif)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT