BREAKING

Indonesia Kaya Bahasa


Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu, wah ini sih sudah pasti! Tapi peran bahasa daerah sebagai bentuk kebudayaan juga nggak boleh dilupakan. Hebatnya nih, para linguist mengungkapkan bahwa Indonesia punya 742 macam bahasa daerah, woww!

Dari 742 macam bahasa itu, hanya ada 13 bahasa yang pemakainya lebih dari satu juta orang, so sisanya yang 729 macam digunakan oleh penduduk tertentu yang jumlah per kelompok-nya kurang dari satu juta orang. Dikatakan juga, bahwa ada 169 macam bahasa yang digunakan kelompok dengan jumlah anggota kurang dari 500 orang. Hmm, kalau nggak didokumentasikan secara ilmiah, bahasa-bahasa unik ini bisa jadi akan punah. 

Menurut pakar departemen linguistik Universitas Indonesia, bahasa yang terancam punah tersebut tersebar di wilayah Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua. Misalnya nih, bahasa “lom” di Sumatra, hanya digunakan oleh 50 orang, ada juga bahasa “budong-budong” di Sulawesi yang dipakai oleh sekitar 70 orang. Uniknya lagi, ada juga bahasa yang penggunanya hanya berjumlah 1-5 orang. Di Maluku ada bahasa “Kayeli” yang dipakai 3 orang saja, dan bahasa “kaela” yang digunakan oleh 5 orang. Jiah, cuma bisa berdecak kagum aja nih, belum lagi ditambah bahasa-bahasa lain yang keberadaanya belum dikenali. Kalau kita belum bisa membantu di level itu, mulai sekarang kita harus bertekad nih untuk menghargai bahasa daerah kita.(foto:eksklusif)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT