BREAKING

Danau Tempe : Penghasil Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia?


Satu lagi yang patut dibanggakan dari Indonesia. Yup, Indonesia punya danau tempe, danau yang digadang-gadang menjadi penghasil ikan air tawar terbesar di dunia. Namun belakangan, produktivitas danau tersebut makin menurun.

Menurut Bupati Wajo, Asmidin, produksi ikan di Danau Tempe mengalami penurunan setiap tahunnya, seperti dalam kurung waktu 1999-2000 hanya tercatat masing-masing 17.077 ton dan 17.200 ton. Sedangkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini hanya tercatat kurang lebih 11.000 ton.


Jumlah ini sangat jauh dibandingkan saat Danau Tempe masih dikenal sebagai sentra perikanan air tawar di Indonesia, yakni dalam kurung waktu tahun 1948-1969 saat produksi ikan tiap tahun mencapai 55.000 ton. Adapun berbagai jenis ikan yang dihasilkan di Danau Tempe, yakni ikan gabus, bete-bete, bungo, biawang, lele lokal dan ikan mas, serta jenis-jenis ikan pendatang seperti ikan nila, mujair, dan ikan nilem. 

Masih menurut Asmidin, penurunan produksi ikan ini karena semakin tingginya laju sedimentasi dan pencemaran danau. Sedimentasi ini menyebabkan pendangkalan. Malah, beberapa tahun terakhir ini sebagian wilayah danau berubah menjadi daratan.(sumber : tempo online)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT