BREAKING

CIDOMO


Cidomo. Hayo, siapa di antara kalian yang nggak pernah ngerasain naik cidomo? Cidomo adalah angkutan umum tradisional yang memanfaatkan tenaga kuda sebagai penariknya. Kata cidomo disingkat dari tiga macam alat transportasi lainnya, yakni cikar, dokar, dan montor (baca : mobil). 

Cidomo bisa dikatakan sebagai kombinasi dari ketiga jenis alat angkutan ini. Maksudnya? Begini penjelasannya, cikar adalah alat angkut yang fungsi utamanya mengangkut barang, bukan manusia, dan tidak beratap. Dokar hampir mirip dengan cidomo namun rodanya lebih tipis. 

Nah, untuk montor alias mobil, hanya digunakan bagian rodanya saja, jadi roda pada cidomo mengunakan roda mobil. Di Lombok pun cidomo dimodifikasi lagi sesuai kebutuhan. Di Lombok Timur misalnya, cidomo dibuat dalam mini size, kalau cidomo yang normal bisa muat 6-8 penumpang, cidomo di Lombok Timur hanya muat 4 penumpang saja. 

Asal para kusir lebih peduli lagi soal kotoran kuda, pasti deh para penumpang cidomo semakin nyaman naik angkutan tradisional ini. Yuk rame-rame naik cidomo!

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT