BREAKING

10 Orang Perintis Internet


Siapakah yang merintis munculnya internet? Internet tidak muncul begitu saja atau didesain oleh satu orang tunggal. Dewasa ini jumlah pengembang internet terus bertambah. Well, siapa saja orang-orang visioner yang merintis lahirnya teknologi dan program di balik semua alat operasi standar internet hari ini? Berikut penjelasannya.

1. Claude Shannon 
Shannon dikenal sebagai "bapak teori informasi modern". Ia menerbitkan makalah "Teori Matematika Komunikasi" pada 1948. Dengan membentuk batas pada efisiensi komunikasi dan menghadirkan tantangan untuk menemukan kode untuk meningkatkan efisiensi, Shannon mengembangkan fondasi dasar yang mendasari Internet.

2. Paul Baran
Saat meneliti jaringan komunikasi survivable di RAND Corporation pada tahun 1959, Baran menggambar dan  mengembangkan arsitektur data untuk jaringan komunikasi packet-switched. Ia menuliskannya pada serangkaian makalah dengan judul "On Distributed Communications," dan terbukti menjadi dasar umum di belakang arsitektur Internet.

3. Bob Taylor
Pada akhir tahun 1960, Bob Taylor meyakinkan departemen pertahanan US untuk mengembangkan jaringan komunikasi, yang akhirnya akan menjadi ARPANet, cikal bakal militer ke Internet. Ia menulis sebuah makalah berpengaruh, "Komputer sebagai Alat Komunikasi,". Makalah ini memuat gambaran di masa depan dengan majunya teknologi internet.

4. Douglas Englebart
Douglas Englebart adalah seorang peneliti di Stanford, Augmentation Research Center. Ia mengembangkan Pusat Jaringan Informasi di Stanford, yang kemudian menjadi registry nama domain, atau database daftar setiap website di Internet. Sangat menarik untuk dicatat bahwa Sergey Brin dan Larry Page, para pengembang dari Google, juga pergi ke Stanford hampir 30 tahun kemudian.

5. Larry Roberts
Larry Roberts adalah kepala peneliti di Kantor Pengolahan Informasi ARPA pada tahun 1966, ia memimpin pengembangan ARPANet. Larry juga mendirikan Telenet, paket-switched jaringan pertama penyedia dan prekursor untuk perusahaan seperti Comcast dan Verizon. Telenet sekarang dimiliki oleh Sprint dan merupakan bagian dari jaringan data mobile.

6. Vint Cerf
Vint adalah legenda bagi para komunitas internet terdahulu. Cerf adalah manajer program ARPA 1976-1982. Dia membantu merancang protokol TCP / IP yang digunakan oleh ARPANet di awal perkembangannya dan internet modern saat ini dengan Bob Kahn. Ia juga mendirikan Masyarakat Internet dan ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). ICANN adalah dasar dari sistem pengaturan internet.

7. Paul Mockapetris
Bersama dengan Jon Postel, Mockapetris merancang dan mengembangkan  DNS atau arsitektur nama domain. Ketika Anda mengetik alamat situs web pada searching box, anda seharusnya berterima kasih pada Mockapetris dan Postel, merekalah yang menemukan sistem internet untuk menemukan situs web yang Anda inginkan.

8. David Clark
Internet tumbuh pesat antara tahun 1981 dan 1989, dan keputusan yang dibuat sangat dipengaruhi oleh keadaan jaringan. Clark adalah arsitek protokol utama internet selama kurun waktu tersebut. Sebagai ketua Dewan Kegiatan Internet ia memberikan pengaruh yang signifikan dalam pembentukan peraturan yang terkait dengan internet.

9. Steve Wolff
Sebagai Direktur Divisi Jaringan dan Komunikasi di National Science Foundation (NSF) pada tahun 1986, Steve Wolff mengelola pengembangan NSFNet, salah satu prekursor ke Internet. Steve memimpin Gigabit Testbed, sebuah proyek bersama antara NSF dan Departemen Pertahanan yang dirancang untuk membuktikan bahwa jaringan pada kecepatan gigabit masih mungkin untuk ditansmisikan. Keberhasilannya membantu membuka jalan untuk mengubah internet dari jaringan komunikasi sempit menjadi internet dengan jaringan hari ini.

10. Marc Andreesen  dan Eric Bina
Keduanya adalah pelopor pengembang mosaic, browser Internet pertama. Mereka memadukan semua penemuan para pelopor sebelumnya dan diterjemahkan ke dalam sistem yang lebih mudah. Internet yang awalnya hanya bisa dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu karena kerumitannya, akhirnya bisa dinikmati oleh siapa saja karena sistemnya yang sederhana. 

Nama-nama diatas adalah orang-orang yang berperan dalam pengembangan sistem internet. Mereka mengembangkan cara yang lebih baik dalam transmisi informasi, kecepatan penyampaian data dan  memberikan kontribusi dalam  pengembangan internet.

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT