BREAKING

Saudara, Jadi Kawan Atau Lawan?


Seringkali kita cekcok atau berkelahi dengan adik atau kakak di rumah, right? It is normal, guys! Tapi sebagai saudara yang baik, pastinya kamu nggak mau kan kalau hal itu terjadi terus menerus. Check out yuuk seberapa peduli kamu untuk menghindarinya, dan seberapa pintar kamu meng-handle kalo hal itu terjadi!!

1. Kamu melihat adik/kakak kamu memakan coklat bagian kamu tanpa bilang-bilang dulu. Sikap kamu?
a. Cuek saja, toh besok bisa beli lagi. Cuma coklat aja kok!
b. Sakit hati, mau marah tapi berusaha dipendam dan menasehati supaya kali nggak gitu lagi.
c. Langsung lari melapor ke mama dan papa.
d.Mendamprat dan memarahi sodara habis-habisan sambil mengancam ` macam-macam

2. Setelah terjadi perkelahian besar dengan si adik/kakak, biasanya esok hari kamu :
a. Keluar rumah dari pagi sampai malam biar nggak sering bertatap muka sama dia
b. Biasa aja, nyantai, walau kamu melihat raut muka adik/kakak kamu masih nggak ngenakin.
c. Sengaja mengajak ngobrol baik-baik seolah kemarin nggak pernah terjadi apa-apa agar suasana mencair
d. Menuangkan semua sakit hati kamu lewat status di facebook, twitter, ataupun menulis note yang isinya sumpah serapah sepanjang masa

3. Jika kamu merasa salah bicara dan melihat adik kamu yang masih kecil mulai nunjukin gejala ngambek, sikap kamu :
a. Mengejek habis-habisan dan ngatain si adik “cengeng”, biar dia malu dan nggak jadi ngambek
b. Langsung bersikap lembut , berusaha minta maaf dan merayu si adik supaya nggak jadi ngambek ataupun nangis
    c. Menakut-nakuti dan mengancam nggak akan membelikan apa-apa lagi
  d. “Melenggang kangkung” dan ngeloyor gitu aja ninggalin si adik, Toh nggak
penting

4. Duit kamu tinggal sedikit dan kamu sengaja ngirit sampe akhir bulan. Tapi saudara kamu tiba-tiba memohon untuk diberi pinjam dengan alasan uang SPPnya kurang sementara dia harus segera membayarnya. Yang kamu katakan adalah :
a.“Minta aja sono di mama kalo berani, biar ketauan deh uang SPP tuh sering kamu pake belanja ampe bisa kurang gitu.”
b. “Kasi nggak yah? Ntar deh gue pikir-pikir dulu ye..see u..”
c.“Ya deh aku pinjemin. Tapi lain kali yang namanya uang SPP itu disimpan baik-baik, jangan sampai dipakai untuk keperluan lain.”
d.“Enak aja! Duit gue aja tinggal menghitung jari. Cari tempat pinjeman lain sono!”

5. Menurut kamu, seberapa perlu sih saling meminta maaf dalam sebuah perkelahian antar saudara?
     a. Perlu banget , biar bisa sama-sama introspeksi dan belajar bersikap dewasa
     b. Tergantung jenis perkelahiannya, kalo ringan ya nggak usah deh kayaknya
     c. Kalau dipaksa ortu untuk saling minta maaf ya baru deh dilakukan
   d. Nggak penting deh kayaknya, ntar juga baik sendiri.

SCORE!!
1) a=3, b=4, c=1, d=2
2) a=2, b=3, c=4, d=1
3) a=2, b=4, c=1, d=3
4) a=1, b=3, c=4, d=2
5) a=4, b=3, c=1, d=2

RESULT!!

1. Score 1 - 5 (You Are Too Much!! a.k.a Lebayyy)
   Nah loh, kok dibilang lebay? Wahh ini masuk kategori parah lho, mau tahu kenapa? Ya karena kamu terkesan seperti membesar-besarkan setiap masalah yang terjadi dengan adik/kakak kamu, bukannya malah berusaha mencari solusinya. Ini malah bisa memperburuk keadaan lho. Saran Beemagz, mending kamu kurangin deh sikap seperti itu, toh nggak akan menyelesaikan masalah kamu kan? Okay!

2. Score 6 – 10 (Childish?? Are You?)
  Kayaknya kamu harus mulai belajar bersikap lebih “mature” deh dalam menghadapi masalah dengan saudara di rumah. Seringkali kamu terlihat nggak ingin mengalah walaupun salah. Coba rendahkan ego, dan mulai melihat setiap permasalahan secara objektif. Surely it’s gonna be better!

3. Score 11 – 15 (Cuek Bebek=CooL?? Nggak juga!)
  Wooow, ternyata kamu cuek banget yah? Biasanya kalo ABG sekarang doyan tuh ama yg cuek-cuek. Kesannya cool gitu, dingin tapi keren. Hmm, keren? Kalau soal ini kayaknya nggak selalu keren deh jadinya. Well , terkadang memang bagus sih kamu bersikap cuek kalau lagi berantem. Dalam artian, kamu orangnya nggak temperamental dan berapi-api menghadapi masalah. Tapi nggak boleh terlalu cuek juga dong sampe-sampe gak ada niat untuk cari penyelesaian, ya nggak?

4. Score 16 – 20 (Good Brother, Good Sister..)
    Yap! You are absolutely mature! Bukan saja pintar dan dewasa dalam menyelesaikan masalah dengan saudara kamu, tapi kamu juga pintar bertindak untuk mencegah terjadinya perkelahian. Ingat, dewasa tidak diukur dari umur. Yes you’re a good brother and sister, keep it that way!

 foto:(eksklusif)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT