BREAKING

Produksi Minyak Indonesia Turun


Minyak adalah bentuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui namun terus dieksplorasi. Produksi minyak Indonesia telah memasuki masa penurunan produksi. Menteri Keuangan, Agus Martowardojo menyatakan produksi minyak bumi Indonesia telah memasuki masa penurunan produksi minyak. Optimalisasi lapangan minyak yang dilakukan saat ini pun dinilai hanya mampu menahan laju penurunan produksi minyak dari 13 persen per tahun menjadi 5 persen per tahun.

Kendati demikian, menurut Agus, pemerintah tetap optimis produksi minyak mentah siap jual Indonesia dapat mencapai 910-940 ribu barrel per hari pada tahun 2013. Guna memenuhi capaian tersebut menurut dia, pemerintah dalam hal ini PT Pertamina akan melakukan berbagai upaya untuk menambah produksi. Upaya tersebut antara lain, melakukan produksi pada lapangan yang belum masuk masa produksi, mempercepat pengembangan lapangan baru baik lapangan yang rencananya masih disetujui maupun yang masih dalam proses persetujuan, termausk lapangan yang idle. 

Kemudian optimasi produksi di lapangan eksisting, penerapan teknologi tindak lanjut untuk mengangkat minyak di lapangan Pertamina, dan penambahan fasilitas produksi. Sedangkan terkait dengan asumsi lifting gas sebesar 1,29-1,36 juta barel setara minyak per hari menurut Agus belum dapat dicantumkan dalam asumsi makro walaupun selama ini sudah masuk dalam perhitungan perkiraaan penerimaan migas pada APBN. 

Hal tersebut menurut dia, disebabkan karena asumsi harga gas bumi di Indonesia ditetapkan untuk setiap kontrak jual beli, dimana harga dan/atau formula harganya unik sesuai dengan keekonomian lapangan, daya beli, dan ketidaksertaan infrastruktur serta potensi pencipytaan nilai tambah. Untuk itu, menurut Agus, pemerintah pun akan terus melakukan evaliuasi dan analisis untuk memperoleh solusi atas masalah tersebut.(foto:eksklusif)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT