BREAKING

Lombok International Youth Camp 2011 : Yes, Youth Can Do it!


Gimana jadinya ya kalau para pemuda dari negara di ASEAN plus tiga negara sahabat lainnya bertandang ke Lombok? Seseruan dan manfaat apa saja yang bisa dishare bersama local youth? Nih, ada liputan seru dari rangkaian kegiatan Festival Internasional Pemuda dan Olahraga Bahari ke-6 yang pada Juli lalu digelar di Provinsi NTB! Sure, youth has all the power!!

FIPOB : Ajang Promosi Potensial
Festival Internasional Pemuda dan Olahraga Bahari yang disingkat FIPOB ini merupakan multievent yang menyatukan kegiatan kepemudaan, olahraga dan kepariwisataan dalam satu wadah. Menurut Menpora, Andi Alfian Malaranggeng, kegiatan ini dilaksanakan untuk menggali potensi dan menginspirasi serta menumbuhkan spirit of the nation di kalangan pemuda untuk cinta bahari. NTB selaku tuan rumah patut bangga sebagai penyelenggara event bertaraf nasional dan internasional sekaligus. FIPOB memberikan ruang yang luas pada pemuda untuk mengekspresikan, mengaktualisasikan karya kreatif dan visi pemuda sebagai kader pemimpin bangsa. FIPOB juga memberikan akses pada pemuda untuk memperluas dan memperkuat kemitraan dengan pemuda dari mancanegara. 

IYC : 5 Days Journey in Lombok
Youth Camp yang digelar selama lima hari dari 9-13 Juli 2011 diikuti oleh perwakilan negara ASEAN (Malaysia, Myanmar, Thailand, Philipina, Singapura, Vietnam, dan Cina) dan tiga negara sahabat; Australia, Korea Utara dan India. Event ini mengagendakan berbagai kegiatan positif in case of environmental issue. Kegiatan difokuskan pada transplantasi terumbu karang dan penanaman mangrove (bakau) yang dipusatkan di daerah Sekotong, Lombok Barat. Para peserta turut menghadiri opening ceremony FIPOB di Pantai mandalika, Lombok Tengah, yang dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Wapres Budiono dan Menpora Andi Malaranggeng. Para peserta juga berkesempatan mengunjungi Kampung Nelayan di  Dusun Jambianom, Desa Medana, Tanjung Lombok Utara sebagai lokasi field study tentang transplantasi karang yang digagas kelompok nelayan lokal sejak 2007. Dengan  menggunakan media beton yang dibuat dalam berbagai bentuk, terumbu karang dapat berkembangbiak dengan baik. 

Selain kegiatan bertemakan bahari, para peserta juga mengunjungi Desa Sade, yang dikenal sebagai desa tradisional suku Sasak. Kegiatan indoor diisi oleh materi seminar dari Kepala LIPI Prof Lukman Hakim, Rob Oliphant dari The International Award, Diskusi dan country report dari masing-masing perwakilan negara peserta.

Youth, We’re The Agent of Change!
Banyak hal positif yang diperoleh para partisipan lewat event ini. Selain memperluas jaringan pertemanan, sharing knowledge dan transfer budaya, para pemuda juga menyadari potensi besar yang mereka miliki sebagai agent of change. Banyak pemikiran dan ide segar yang bermunculan dan menunggu untuk diwujudkan. Yes,  Youth can always do something!
 
Komentar
Noreen Joy C. Sumatra-Philipina 
IYC was amazing. I was pleased to learn various culture, characters, nature, and of course sharing knowledge with you all guys, great youth!! 

Jun Wei Lee-Shingapore
I truly learnt a lot from each and everyone of you. I thanked everyone who became a part of this great camp. Sincerely, we’re youth has all the power to change the world. Yes, absolutely!

Sophie Ball-Australia 

Unforgetable camp ever! The camp was cool and Lombok was so damn wonderful. Really, I want more! We’ll meet each other someday somehow at some corner of this small world. You guys, keep rocking!! 

foto:(dok.Beemagz)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT