BREAKING

Kalkulator Berat Ideal


Kayaknya kamu gemukan deh sekarang! Ahh, Masa sih? Duh, gimana dong?!! Stop, jangan panik dulu! Biar nggak parno dan bingung sendiri, mending cari tahu berat badan ideal kamu. Pssttt, nggak melulu urusan penampilan, tapi ini juga penting buat kesehatan. Lihat disini yuk!

BMI atau IMT
Body Mass Index (BMI) dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Index Massa Tubuh (IMT) adalah perbandingan berat terhadap tinggi” badan. Hasil dari perhitungan BMI dapat digunakan untuk menggolongkan orang ke dalam kategori Underweight (kekurangan berat badan), Overweight (kelebihan berat badan) dan Obesitas (kegemukan). Perhitungan ini berlaku sama untuk laki-laki maupun perempuan. BMI ini juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah seseorang perlu melakukan diet atau nggak. Biasanya nih, jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh pun bisa dilihat dari BMI. Tu kan, kalau body mass kamu masih normal, nggak perlu segitu paniknya dengerin omongin orang.

Bagaimana Menghitung BMI?
Siapa pun bisa dengan mudah menghitung body mass-nya. Cukup tahu tinggi dan berat badan, kemudian masukkan ke dalam rumus :


Misalnya nih, berat badan kamu 52 kg dengan tinggi 155 cm, BMI-nya menjadi :
52 / (1,55)2 = 21,6
Hasil perhitungan ini kemudian bisa dicocokkan dengan nilai pengukuran BMI yang telah disesuaikan untuk orang asia termasuk Indonesia oleh WHO, yakni :

* Underweight : Kurang dari 18.5
* Normal : 18.5 - 22.9
* Overweight at risk : 23.0 - 24.9
* Obesitas  I : 25-29.9
* Obesitas II : ≥ 30

Pentingnya BMI
Dengan mengetahui nilai BMI maka kita dapat mengetahui apakah kita masuk dalam kategori kurang berat badan, normal, atau kelebihan berat badan dan obesitas (kegemukan). Tentunya, berbagai resiko penyakit pun bisa dihindari. Intinya nih, BMI ibarat alarm bagi kesehatan kita. Harus diingat lho, kesehatan adalah aset masa depan yang harus dijaga dari sekarang!

Diet Sehat Yuk!!
Jangan mau deh kalau ada teman yang nawarin kamu cara-cara instan untuk jadi langsing. Selain efeknya yang nggak bagus untuk tubuh, hasilnya pun seringkali nggak bertahan lama. Cari cara yang lebih realistis tapi simpel. Yang dibawah ini bisa dicoba juga kok!
a.
Makan teratur dengan porsi cukup
Diet bukan berarti nggak makan sama sekali. Makan teratur, dengan porsi seimbang jauh lebih beraksi daripada makan cuma sekali dengan porsi kalap.

b.      Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur dapat dikonsumsi sebagai pengganti snack.

c.       Perbanyak minum air putih
Konsumsi air putih yang baik, sebanyak 6 sampai 8 gelas sehari (1,75 liter)

d.      Olahraga rutin
Kalau pola dan porsi makan sudah seimbang, lengkapi dengan olahraga rutin. Pasti deh, diet kamu nggak bakal sia-sia.


About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT