BREAKING

Jalur Sepeda Bukan Sekedar Gaya


Bersepeda mulai menjadi gaya hidup di Indonesia. Hal ini didukung dengan adanya jalur khusus pengguna sepeda di beberapa kota besar, semisal, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Satu lagi kota yang akan memiliki jalur khusus pengguna sepeda, Purwokerto

Kota Purwokerto di Kabupaten Banyumas, mulai Juni mendatang akan memiliki kalur khusus sepeda. Rencananya, jalur sepeda akan diberlakukan di dua ruas protokol kota tersebut yakni Jalan Dr Angka dan Jalan Gatot Subroto.

Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinhubkominfo Banyumas, Agus Sriyono, “jalur sepeda di ruas jalan tersebut akan memiliki lebar 1,5 meter dan dibangun di kedua sisi jalan.” Terkait sejumlah toko dan tempat usaha yang masih menggunakan badan  jalan sebagai lahan parkir, Agus menilai, dalam aturan penyediaan lahan parkir, sebuah tempat usaha harus menyediakan  lahan parkir sendiri dan tidak menggunakan badan jalan. Jadi, jalan benar-benar dimanfaatkan sesuai peruntukannya sebagai sarana transportasi, bukan sarana pendukung transportasi layaknya tempat parkir. (kompas.com)

Bahkan, tempat usaha di tepi jalan seharusnya didirikan sekitar 14 meter dari median jalan, sehingga menyisakan tempat parkir. Menurut Agus, jalur sepeda nanti akan dibuat dengan membatasi jalur tersebut dengan jalur utama dengan cat yang berbeda.

Dengan adanya jalur khusus sepeda maka minat masyarakat untuk bersepeda ke sekolah maupun tempat kerja akan meningkat. Dan tentunya hal ini mampu menekan kemacetan lalu lintas, angka polusi dan meningkatkan kesehatan masyarakat. (foto:eksklusif)

Bagaimana, apakah kota Mataram tertarik untuk memiliki jalur khusus sepeda?

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT