BREAKING

Ilmu Pengetahuan Diunggah ke Otak


Masih ingat trilogi The Matrix? Dalam film yang dimainkan oleh Keanu Reeaves itu digambarkan bagaimana segala keterampilan seperti bela diri dan penggunaan berbagai jenis senjata api dipelajari hanya dengan memasukan berbagai program komputer ke dalam otak. 

Bukan hanya cerita fiksi, para ilmuwan di Boston University dan ATR Computational Neuroscience Laboratories di Kyoto, Jepang, percaya bahwa di masa depan aktifitas belajar tidak akan lebih dari duduk di depan komputer lalu "ilmu pengetahuan" akan diunggah ke dalam otak.


Dalam penelitiannya dua lembaga itu mempelajari bagaimana sebuah mesin FMRI -yang biasa digunakan untuk memindai otak manusia- bisa mendorong ilmu pengetahuan kepada seseorang melalui korteks visualnya, dengan mengirim sinyal yang bisa mengubah pola aktifitas otak orang itu.


Korteks visual, merupakan bagian korteks yang mengolah informasi-informasi visual di otak.  Sementara proses mengubah pola aktifitas otak itu disebut dengan Decoded Neurofeedback atau "DecNef".

Hebatnya lagi, tidak sebutir obat pun yang diperlukan dalam proses itu. Orang yang terlibat pun tidak harus sadar. Yang terjadi hanya aktifitas otak orang itu hanya akan diubah ke dalam pola tertentu, misalnya dari pola otak seorang pesepak bola handal ke pola aktifitas otak seorang master catur.


Dalam riset itu para peneliti meminta sejumlah sukarelawan yang menjalani proses DecNef untuk mengikuti ujian keterampilan visual mereka. Hasil uji itu kemudian dibandingkan dengan mereka yang tidak menjalani DefNec. Hasilnya mereka yang mengikuti DefNec mempunyai skor lebih bagus. Hasil penelitian ini akan dipublikasikan dalam jurnal Science. (foto:eksklusif)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT