BREAKING

Green Open Spaces, Ruang Hijau Untuk Kota


Sering nongkrong di Taman Udayana Mataram? Atau jalan-jalan ke kawasan hijau lainnya di Kota Mataram? Jangan cuma sekedar nongkrong aja dong! Beebers juga harus tahu kalau kawasan hijau yang selama ini jadi tongkrongan favorit kamu memang sengaja dibuat untuk menjaga keasrian kota.

Apa itu RTH??
Ruang Terbuka Hijau (Green Open Spaces) atau disingkat RTH adalah kawasan atau areal permukaan tanah yang didominasi oleh tumbuhan. Fungsinya pun beragam. Dari fungsi dasar seperti perlindungan habitat  tertentu dan pelengkap sarana lingkungan, berikut fungsi tambahan lainnya seperti fungsi sosial dan fungsi ekonomi.

Mana saja yang disebut RTH?
Yang disebut RTH antara lain; pertanian kota, pertamanan kota, lapangan olah raga, pemakaman dan sebagainya. Habitat liar/alami dan kawasan lindung juga merupakan RTH. Kota Mataram punya sejumlah RTH, diantaranya kawasan pertanian di daerah selatan, kawasan utara tepatnya di sayang-sayang, juga Taman Udayana yang udah jadi pusat tempat nongkrong anak Lombok.

Mengapa RTH penting?
Beebers sering kan mendengar keluhan ” ...kok sekarang bumi makin panas aja ya??...” atau ” wah...neraka bocor nih…”. Well, kondisi ini lahir akibat hilangnya pepohonan yang rimbun dan lahan-lahan hijau yang ada di kota kita. Ditambah lagi masalah polusi udara yang membuat kita jengah dan kadang sulit bernafas. Emang sih, pembangunan fisik berupa gedung-gedung itu membanggakan. Tapi disisi lain, pembangunan tersebut justru kerap menggeser atau bahkan mencaplok ruang-ruang hijau yang ada. Beebers pastinya sering kan liat taman-taman kota yang disulap jadi gedung perkantoran atau perbelanjaan. Nah, hal inilah yang berdampak negatif bagi lingkungan yaitu ketidak seimbangan ekologi dan mempercepat proses pemanasan global yang tentunya berdampak pada kesehatan manusia, cepat atau lambat. Inilah alasan mengapa peran RTH sangat penting dalam mengendalikan dan memelihara integritas dan kualitas lingkungan, sehingga perlu kita jaga kelestariannya.

Yang Perlu Kamu Tahu..
  • Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) minimal 30 %  dari luas kota ( 20 % publik, 10 % privat )
  • Menurut riset, 1 hektar RTH dapat menghasilkan 0,6 ton oksigen untuk konsumsi 1500 orang per hari
  • Hasil penelitian di Jakarta, membuktikan bahwa suhu di sekitar kawasan RTH  bisa mencapai perbedaan angka sampai 2-4 derajat celcius dibanding dengan suhu di ‘luar’nya. (foto:dok.Beemagz)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT