BREAKING

DIET PLASTIK


Sejak ditemukan pertama kali oleh Alexander Parkes pada 1826 dan dikembangkan secara komersil oleh Leo Baekeland pada 1898, plastik telah menjadi ‘sesuatu’ yang sangat dekat dengan keseharian kita. Tidak hanya membeli barang-barang dengan kemasan plastik, mulai dari air mineral atau snack, kita juga menggunakan kantung plastik untuk membawa barang. Kebayang nggak sih sehari tanpa plastik?



PLASTIK ITU..
Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Plastik didesain dengan variasi yang sangat banyak dalam bentuk properti yang tolerir terhadap panas, keras, dingin, dan lain-lain. Plastik sangat fleksibel, dengan komposisi dan berat yang ringan, maka plastik digunakan hampir di seluruh bidang industri.

JENIS-JENIS PLASTIK
Secara umum, plastik dibedakan menjadi dua :

1.Termoset
Jenis plastik yang tidak bisa didaur-ulang atau dicetak lagi. Contoh : komponen/suku cadang pada kendaraan, peralatan listrik seperti saklar, stop kontak, dan peralatan makan berbahan melamin.
2.Termoplastik
Jenis plastik yang bisa didaur-ulang atau dicetak lagi dengan proses pemanasan ulang. Termoplastik dibagi lagi menjadi beberapa kategori dan memiliki kode pengenal tersendiri :

a.PET — Polyethylene Terephthalate (1)
PET sering digunakan sebagai Plastik / Plastic botol minuman, minyak goreng, kecap, sambal, obat, maupun kosmetik.
b.HDPE — High Density Polyethylene (2)
HDPE banyak ditemukan sebagai Plastik kemasan makanan dan obat yang tidak tembus pandang. Plastik jenis ini digunakan untuk botol kosmetik, obat, minuman, tutup plastik, jeriken pelumas, dan cairan kimia.
c.PVC — Polyvinyl Chloride (3)
PVC atau Polyvinyl Chloride (PVC) sering digunakan pada mainan anak, bahan bangunan, dan Plastik / Plastic kemasan untuk produk bukan makanan. PVC dianggap sebagai jenis plastik yang paling berbahaya..
d.LDPE — Low Density Polyethylene (4)
LDPE atau Low Density Polyethylene (LDPE) sering digunakan untuk membungkus, misalnya sayuran, daging beku, kantong/tas kresek.
e.PP — Polypropylene (5)
PP adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik, terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, atau botol minuman.
f. PS — Polystyrene (6)
PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam atau tempat minum sekali pakai.
g.Other — Lainnya (7)
Yaitu plasti yang jenis nya berbeda dari jenis plastik diatas. Umumnya bersifat keras, jernih, dan tahan panas. Biasa digunakan pada galon air mineral dan botol susu bayi.

3.KENAPA PLASTIK BERBAHAYA?

Berikut adalah beberapa alasan kenapa plastik dianggap berbahaya :

•Plastik tersusun dari polimer. Dalam proses pembuatannya, ikut dimasukkan sejenis bahan pelembut (plasticizers) supaya plastik bertekstur licin, lentur dan gampang dibentuk. Tapi bila plastik dipakai untuk membungkus makanan, plasticizers bisa mengkontaminasi makanan. Apalagi kalau makanan yang dibungkus masih panas, si plasticizers dan monomer-monomernya makin cepat keluar dan pindah ke makanan lalu masuk dalam tubuh. Semakin panas makanan yang dikemas, semakin tinggi peluang terjadinya migrasi (perpindahan) ke dalam bahan makanan. semakin lama kontak antara makanan tersebut dengan kemasan plastik, maka jumlah monomer yang bermigrasi dapat makin tinggi jumlahnya.
•Kantong plastik kresek yang biasa kita pakai sehari-hari mengandung zat karsinogen berbahaya karena berasal dari proses daur ulang yang diragukan kebersihannya.
•Membakar sampah plastik menyebabkan zat-zat beracun dari sampah terlepas ke udara yang kita hirup. Polusi udara yang berlebihan akibat pembakaran ini dapat menimbulkan masalah pernafasan dan memicu kanker.

4.DEAL WITH PLASTIC

Mulai dari yang gampang, dari yang dekat, dan mulai dari diri sendiri yuuk!

a.Kalau barang belanjaan kamu masih cukup masuk di tas, bilang sama emba’/mas di kasir untuk nggak masukin barang kamu ke dalam kantung plastik.
b.Sering haus? Biasakan membawa minuman sendiri ketimbang membeli minuman dengan botol plastik sekali pakai.
c.Kumpulkan barang-barang berbahan plastik yang nggak terpakai di sekitar kamu, serahkan ke pemulung. Selain cinta lingkungan, bisa sekalian berama.

Ada ide brilliant lainnya? Let’s make a move! We love planet earth. (foto:eksklusif)


About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

1 comment:

  1. Info styrofoam itu memang benar, mengandung kalsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu sangat sekali membungkus makanan dengan styrofoam. Jika memang Anda adalah pengusaha makanan, sebaiknya gunakan Box Makanan yang standar food grade.

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT