BREAKING

BAJAK LAUT : Pirates of The Sea


Akting  Johnny Depp sebagai bajak laut baik hati di sekuel film The Pirates Of Carribean memang memaukau. So, what do you guys think about the pirates? Apa saja motif dari para perompak? Bagaimana mereka menjalankan aksinya? Temukan jawabannya disini!

Sejarah Singkat Bajak Laut
Bajak laut berasal dari kata pirate (bahasa Yunani), artinya 'yang menyerang' atau 'yang merampok’. Istilah “Bajak Laut” mulai dikenal sekitar abad ke-17. Namun menurut sejarah kuno, Bajak laut sudah ada sejak abad ke-3, yaitu pada zaman Yunani dan Romawi Kuno. Lambang Bendera Kebesaran Bajak Laut “Jolly Roger” (Tengkorak mata satu) yang sangat terkenal hingga saat ini berasal dari Barbary Corsair, salah satu bajak laut terkenal dari Afrika Utara yg kerap menyerbu kapal-kapal di daerah Mediterania antara tahun 1520 hingga 1530.

Apa Yang Dibajak?
Para perompak biasanya menyita muatan kapal, meski tujuan utamanya adalah meminta uang tebusan. Para perompak tahu betul bahwa setiap kapal yang melintas adalah kapal bisnis milik perusahaan besar dengan muatan dagangan bernilai fantastis. Ya, itu dia mengapa para perompak dengan gampang meminta uang tebusan dalam jumlah besar. 

Bagaimana Mereka Beraksi?
Perompakan lahir akibat ketidakstabilan politik dan keterbatasan ekonomi. Para perompak umumnya berusia muda. Mereka dilengkapi dengan persenjataan modern seperti senapan mesin dan peluncur roket, sehingga semakin gampang menakut-nakuti para sandera. Mereka juga tidak segan-segan berbuat kasar pada para tawanan. Untuk mendapat nilai tebusan yang tinggi mereka menggunakan modus “lepas, lalu bajak lagi”. Jadi, begitu perompak pertama mendapat uang tebusan, bajak laut dari komplotan berbeda akan kembali membajak kapal. Alhasil, jumlah uang tebusan meningkat drastis.

Danger Area!
1.      Teluk Somalia
Sebagai teluk terpanjang di Afrika (1.880 mil), kawasan ini sering digunakan oleh para perompak untuk membajak kapal yang melayani rute pengiriman barang melalui Laut Merah. Setiap bulannya bisa terjadi lebih dari satu serangan perompak di kwasan ini. Perompak-perompak ini mulai bermunculan sejak terjadinya Perang Saudara Somalia pada tahun 1991. Perang ini mengakibatkan pecahnya Somalia hingga ketidakstabilan politik sampai saat ini.

2.      Teluk Aden
      Teluk Aden merupakan kawasan yang rawan aksi perompak, mengingat setiap tahunnya sebanyak 20 ribu kapal melewati kawasan ini. Di Teluk Aden, tercatat terjadi peristiwa perompakan atas kapal laut terbesar yang pernah terjadi di dunia. Kapal Sirius Star yang dibajak diestimasi berharga US$150 juta dengan taksiran muatan minyak senilai US$100 juta.
   
3.      Tanzania
Negara yang terletak di Afrika Timur ini menjadi salah satu sarang perompak. Letaknya yang dekat dengan Samudra Hindia, menjadikan perairan ini dilalui oleh dua pertiga kapal tanker minyak dunia dan kapal kargo besar lainnya.

Ini Faktanya!
·         Penghasilan komplotan pembajak di perairan Somalia mencapai 150 juta dolar AS per tahunnya
·         Insiden pembajakan meningkat dari 276 pada 2005 menjadi 445 kasus pada 2010. Menurut Biro Maritim Internasional, ada 142 serangan antara Januari-Maret 2011. 97 diantaranya terjadi di lepas pantai Somalia
·         Dalam lima tahun terakhir tuntutan tebusan pembajak Somalia meningkat 36 kali lipat, dari rata-rata 150.000 dolar pada 2005 menjadi 5,4 juta dolar pada 2010.
·         Pembayaran uang tebusan terbesar sampai saat ini adalah kapal tanker Korea Selatan, Samho Dream yang mencapai 9,5 juta US dollar (November 2010)
·         Pemimpin perompak Somalia (Mahomed Arai, 21 tahun) divonis penjara seumur hidup atas pembajakan kapal barang milik Korea Selatan (Januari) dan penembakan kapten kapal
(foto:eksklusif)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT