BREAKING

Youth Matters : Ngobrol Bareng Gubernur NTB


Muda itu identik dengan semangat yang menyala-nyala. Muda berarti berani. Muda nggak hanya bicara tapi menciptakan karya nyata. Bagaimana perspektif Gubernur NTB, DR. TGH. M. Zainul Majdi MA seputar 'youth matters'? pada (10/08) yang lalu, Beemagz berkesempatan nggbrol langsung bareng Pak Gubenur. Simak hasil bincang-bincang Beemagz berikut ini!

Beemagz (B) : Selama masa pemerintahan Bapak, pasti banyak interaksi yang anda lakukan dengan kaum muda. Bagaimana perkembangan pemuda di NTB ini dalam perspektif anda?

Gubernur (Z) : Perkembangan pemuda nampak bagus, baik dari dinamika maupun keterlibatan pemuda itu sendiri. Beberapa poin yang menjadi tolak ukur perkembangan itu sendiri dapat dilihat dari kemampuan organisasi, kemampuan pemuda dalam mengartikulasikan ide dan gagasan mereka, juga melalui berbagai social activities yang dengan mudah bisa kita temui di sekolah, kampus maupun masyarakat pada umumnya. Pemuda NTB terlihat mulai concern terhadap berbagai isu dan menyadari perannya sebagai bagian penting dari masyarakat. Ya, saya percaya bahwa muda NTB punya bakat untuk jadi pemimpin.

B : Selain sisi positif, tentunya ada juga sisi yang negatif. Bagaimana membenahinya?

Z : Anak muda itu berbeda dari orang tua. Muda itu berarti masih berkembang dan itu butuh proses yang tidak bisa dipaksakan. Saat ini memang ada dua isu penting yang jadi perhatian utama;moralitas dan komoditas. Ya, kita tidak bisa menghindari bahwa media punya peran besar dalam mempengaruhi mindset pemuda. Kemudian komoditas, dalam hal ini yaitu komoditas yang berdampak negatif bagi tumbuh kembang pemuda, termasuk di dalamnya;narkoba, miras, dan pornografi. Bagaimanapun juga, pemuda punya akses yang tinggi terhadap hal-hal tersebut. Dan memang, hal itu tidak dapat ditutup-tutupi. Ini kemudian yang menjadikan semua pihak harus terlibat. Kita bisa membuka akses informasi yang baik-baik, yang positif, sehingga pemuda bisa ikut memilih sesuatu yang positif. Saya tetap optimis, bahwa sisi positif dari pemuda masih jauh lebih banyak dari negatifnya. Pemuda NTB punya banyak prestasi, dan kedepannya, para pemuda ini pasti bisa jadi lebih baik dari yang sekarang.

B : Pemuda itu adalah "Agent of Change", bagaimana anda memaknai pernyataan ini?

Z : Ya, tentunya pemuda itu adalah agen perubahan. Dilihat dari sejarah Indonesia sendiri, pemuda punya peran besar, sejak zaman sebelum kemerdekaan, reformasi, bahkan sampai saat ini. Pemuda menorehkan sejarah bagi bangsa Indonesia. Pemuda itu punya daya dobrak yang kuat, sehingga pemuda sangat mungkin membawa berbagai perubahan positif.

B : Dalam kaitannya dengan Pemerintah Provinsi NTB, Program apa saja yang dijalankan dengan pemuda sebagai sasarannya?

Z : Program pemerintah banyak dan beragam. Ada program yang memang terang-terangan menyebutkan 'pemuda' sebagai target utama, ada juga program yang tidak memakai embel-embel muda, namun ditujukan untuk pengembangan pemuda itu sendiri. Beberapa program tersebut ada yang sifatnya memfasilitasi berbagai potensi pemuda. Misalnya saja beasiswa untuk memfasilitasi potensi intelektual, program kewirausahaan untuk mereka yang punya bakat bisnis, beberapa kegiatan di bidang pendidikan dan lainnya. Hal ini termasuk pembinaan rutin yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan potensi pemuda, baik di bidang pendidikan maupun olahraga.

B : Pemerintah punya program "mencetak 100 ribu entrepreneur" Seperti apa anda melihat gerakan entrepreneur yang dijalankan oleh pemuda? Dan seperti apa dukungan yang diberikan pemerintah?

Z : Tentunya sangat positif. Program 100 ribu entrepreneur ini pun tengah dijalankan. Setiap tahunnya ada target 20 ribu entrepreneur yang lahir di NTB. Yang diutamakan pun para entrepreneur muda yang punya gagasan fresh dan semangat tinggi. Pemerintah bekerja dengan pihak-puhak di luar pemerintahan seperti bank untuk mengalokasikan dana CSR kepada para pengusaha. Entrepreneurship sendiri memang harus dibangun sejak dini, dan ini membutuhkan dukungan banyak pihak. Beberapa diantaranya dilakukan Pemprov dengan melakukan pembinaan, kerjasama dengan pihak perbankan pun terus dijalankan, diantaranya dengan menggelar seminar, termasuk di dalamnya menyertakan success story dari orang-orang yang telah lebih dulu sukses berwirausaha.

B : Pesan bapak untuk pemuda NTB?

Z : Anak muda NTB adalah tumpuan harapan. Putih hitamnya NTB ada di tangan pemuda, maju-mundurnya daerah juga ada di tangan para pemuda. Jadi tataplah masa depan dengan optimis dan tetap bertawakkal. Pemuda pasti bisa membawa perubahan!

Waktunya untuk NTB, Bangkit dan Bersaing!!

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT