BREAKING

Tradisi Makan Bareng di Lombok


Acara makan bareng selalu bisa jadi ajang kumpul-kumpul yang asyik. Fokus utama nggak lagi ke menu makan yang tersedia, tapi lebih pada seseruan dan kebersamaan yang ada. Kali ini Beemagz punya pilihan berupa dua tradisi makan bareng yang seruuu!! Kalau kamu belum pernah nyobain sensasinya, berarti Beemagz bakal bilang, “Yoo Beebers, it’s highly reccomended!!”

BEGIBUNG 
Begibung/berayan dalam bahasa Indonesia artinya makan bersama. Begibung adalah salah satu tradisi suku Sasak. Dalam tradisi ini, dulang nasi yang penuh lauk akan dimakan bersama-sama. Ibaratnya nih, satu piring nasi dimakan rame-rame. Satu dulang umumnya dijatah untuk maksimal 3 orang. Tradisi begibung ini dilakukan saat berlangsungnya acara begawe/roahan (kenduri). Nggak ada penggunaan alat makan seperti sendok atau garpu, semuanya menggunakan tangan. Aihh, kebayang dong! Meski kesannya ribet, bekele punya nilai filosofis sendiri. Beebers bisa bayangin dong, setiap yang ikut begibung harus jaga sikap dengan sesama teman dulangan. Karena lauk di dulang sudah dijatah, berarti masing-masing harus bisa menyesuaikan pola makan dengan yang lainnya, jangan sampai ada yang nggak kebagian lauk. Selain bisa berbagi makanan dengan rata, masing-masing juga harus jaga sikap. Jangan sampai deh yang lainnya jadi kehilangan nafsu makan gara-gara kebiasaan makan yang nggak sopan atau jorok. Saat bekele, nggak jarang juga ada obrolan seru dan lelucon yang bikin suasana jadi makin ramai. What a funny!! 

BEKELE
Lain begibung, lain juga bekele. Meski filosofinya sama-sama makan bersama, proses bekele lebih kompleks. Kegiatan makan bareng yang sudah direncanakan ini harus di organize bersama. Mulai dari lokasi, jenis menu, sampai biaya yang harus dikeluarkan. Bekele menggunkan sistem urunan dan kerja bareng. Nggak ada istilah tamu undangan dalam bekele. Dari awal sudah ada kesepakatan yang jelas dan pembagian tugas. Setelah lokasi dan bahan-bahan siap, acara masak bisa dilakukan bersama. Nah, disinilah letak serunya. Semua sama-sama ikut  dan berkontribusi dalam proses masak sampai makanan siap dihidangkan. Bekele biasanya dilakukan malam hari, dengan personel lengkap dan dipastikan semuanya  bebas dari aktifitas lain. Dalam acara bekele, ada menu utama yang jadi bahan eksekusi. Yang paling umum adalah ayam atau ikan (bakar/goreng/pelalah). Selain itu ada juga menu tambahan seperti pelecing urap atau makanan penutup berupa buah. Oya, kopi juga wajib ada selama proses masak berlangsung, biar nggak ngantuk! Hehe..

      About ""

      Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

      Post a Comment

       
      Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
      Design by FBTemplates | BTT