BREAKING

Letusan Gunung Tambora


Gunung Tambora terletak terletak di pulau Sumbawa. Gunung ini terletak di dua kabupaten Dompu. Letusan gunung Tambora pada 11 April 1815 termasuk kedalam salah satu dari 100 bencana terbesar sepanjang masa.

Letusan Gunung Tambora

Bisa dibayangkan, letusan ini menewaskan sekitar 150.000 orang. Tambora juga melontarkan lebih dari satu setengah juta ton – atau 400 km³ – debu ke lapisan atas atmosfer. selama lebih dari 10 hari kemudian, Tambora juga mengeluarkan 24 kubik mil (1 mil = 1,6 kilometer) lava dan bebatuan gunung. Saking dahsyatnya, di puncak Tambora tercipta kawah selebar tiga mil dan dalamnya hampir 1 mil. Efek letusan tidak hanya dirasakan di Indonesia, namun tersebar sampai ke negara-negara lain di dunia.

Penyimpangan iklim yang luar biasa akibat Tambora juga terjadi pada 1816, di Amerika timur laut, Kanada, sampai Eropa utara. Letusan Tambora juga menyebabkan Hongaria mengalami salju coklat, salju merah di Italia, keduanya diyakini disebabkan oleh debu vulkanik di atmosfer. Badai yang hebat, curah hujan yang tidak normal, dan banjir di sungai-sungai utama Eropa (termasuk Sungai Rhein pada 1816 juga dihubungkan dengan peristiwa meletusnya Tambora. (foto:eksklusif)

About ""

Beemagz adalah majalah lokal muda Lombok. Kreatif, edukatif, entertaining, local taste, dan pastinya youngster bangett!! Enjoy our online version!

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Beemagz Youngster Magazine | Majalah Remaja
Design by FBTemplates | BTT